Proses Pengisian Air Pada Kolam Ikan Gurame

Pada artikel sebelumnya saya telah menuliskan tentang persiapan kolam ikan gurame sebelum pengisian air, maka pada artikel ini saya akan mencoba untuk menjelaskan, tentang hal yang perlu dilakukan dalam mempersiapkan air kolam gurame sebelum kita melakukan tebar bibit.

Perlu saya jelaskan juga, bahwa persiapan air untuk budidaya ikan gurame sedikit berbeda dari budidaya ikan jenis lain. Jadi, setelah kita selesai melakukan persiapan kolam, maka langkah selanjutnya kita juga harus mempersiapkan air kolam sebelum melakukan tebar bibit.

Setelah air kolam ikan gurame sudah siap, maka sebelum kita menebar bibit, sebaiknya kita mempersiapkan perasan air daun pepaya. Caranya yaitu haluskan daun pepaya dengan diblender, dicacah, ataupun ditumbuk, lalu setelah itu saring air hasil perasan daun pepaya tersebut.

Lalu setelah air perasan daun pepaya tersebut siap, maka kita tinggal menyebarkan air perasan tersebut ke dalam kolam budidaya gurame. Sebenarnya fungsi dari perasan air daun pepaya adalah untuk menghindarkan ikan gurame dari serangan penyakit mata rabun, atau yang biasa dikenal juga sebagai penyakit mata putih pada ikan gurame.

Setelah selesai, maka kita tinggal, menunggunya selama beberapa hari lagi, dan biasanya setelah itu akan timbul jentik-jentik nyamuk, dan itu tandanya kolam sudah siap untuk ditebarkan bibit gurame.

Tetapi meskipun kolam dan airnya telah siap, sebaiknya tunggu dulu, karena sebelum anda menyebarkan bibit ikan gurame, sebenarnya lebih baik anda menyebarkan dulu anakan ikan mas ke dalam kolam budidaya gurame ini.

Fungsi kita menyebarkan anakan ikan mas ke kolam budidaya gurame adalah sebagai indikator, apakah kolam telah benar-benar siap untuk budidaya gurame atau belum. Dan bila anakan ikan mas sudah dapat berenang dengan lincah, maka kolam sudah siap untuk tebar bibit gurame. Hal ini penting agar kita tidak mengalami kerugian yang lebih besar saat sudah menebar bibit ikan gurame nantinya.

Dan jika memang ternyata kolam sudah siap, dan anakan ikan mas yang sudah kita tebar sebelumnya dapat bertahan hidup, maka pada saat itu kita sudah bisa melakukan tebar bibit gurame. Fungsi dari anakan ikan mas tersebut selanjutnya yaitu dapat dijadikan sebagai pakan bibit gurame.

Usahakan dalam melakukan tebar bibit ikan gurame, dilakukan pada pagi atau sore hari, karena pada waktu itu sinar matahari tidak sedang bersinar dengan terik. Tujuannya adalah untuk mengurangi tingkat stress ikan karena faktor panas matahari. Yang nantinya juga akan mengurangi tingkat kematian ikan.

Tinggalkan Balasan