Pemberian Pakan Tambahan untuk Ikan Gurame

Selain dengan memberikan pelet sebagai pakan yang utama untuk ikan gurame, sebenarnya ada beberapa pakan alternatif yang dapat kita berikan kepada ikan gurame.

Memang pada saat masih kecil maka pakan yang sebaiknya kita berikan pada ikan gurame, sebaiknya cukup diberikan pelet saja, tetapi jika ikan gurame sudah agak besar, maka ikan siap untuk diberi pakan berupa jangkrik. s

Jika memang ikan sudah mulai mau untuk memakan jangkrik, maka kita sudah mulai bisa untuk mengurangi pemberian peletnya, dan menggantinya dengan jangkrik. Setidaknya dalam seminggu kita bisa memberikan jangkrik sebanyak dua kali.

Selain itu jika bisa anda berikan daun sente, tetapi sebaiknya untuk pertama kali berikan daun sente yang berukuran kecil terlebih dahulu, dan jika daun tersebut sudah dimakan, maka kita bisa memberikan daun yang lebih besar.

Daun sente adalah tanaman yang termasuk dalam suku tanaman talas-talasan, dan tanaman ini sering tumbuh  di tempat-tempat terbuka seperti ladang dan sawah. Ciri dari tanaman sante, yaitu memiliki bentuk daun seperti jantung, dan ukuran dari umbinya juga cukup besar

Yang perlu anda ketahui juga, yaitu saat anda menggunakan daun sente, maka air kolam bisa menjadi gatal, tetapi khasiat yang bisa kita dapatkan dengan memberikan daun sente pada ikan gurame, yaitu ikan gurame akan lebih cepat tumbuh besar.

Selain itu sebenarnya ikan gurame juga dapat diberi pakan alternatif berupa dedaunan seperti tanaman genjer dan juga tanaman mata iwak, tanaman jenis ini memang tumbuh secara alami di pinggir kolam ikan, tetapi sebenarnya jika kita bisa menanamnya secara sengaja, maka hal tersebut akan lebih baik, untuk dijadikan sebagai pakan tambahan.

Sebenarnya pakan hijauan dapat kita berikan kepada ikan gurame, karena memang sifat dari ikan ini yang omnivora, yaitu merupakan jenis ikan yang dapat memakan segala.

Mungkin beberapa dedaunan lain yang dapat diberikan kepada ikan gurame seperti daun talas, kangkung, daun singkong, caisin, daun lamtoro, dan daun pepaya. Tetapi memang biasanya ikan tidak akan makan semua jenis daun tersebut sekaligus, karena biasanya selera makan ikan di satu kolam bisa berbeda dengan ikan dari kolam yang lain, tetapi setidaknya menu dedaunan ini bisa dicoba untuk menekan biaya pakan.

Tinggalkan Balasan