Perawatan Rutin pada Kolam Budidaya Ikan Gurame

Perawatan rutin yang bisa kita lakukan kepada ikan gurame, yaitu seperti rajin memberi makan secara teratur, dan menjaga kebersihan kolam. Untuk menjaga agar air kolam tetap dalam kondisi baik, mungkin hal mudah yang bisa dilakukan yaitu menggunakan air kolam untuk menyiram tanaman atau halaman, setelah itu air kolam diisi lagi dengan menggunakan air bersih yang baru. Hal ini berguna untuk menjaga air kolam agar tetap bersih, meskipun tidak dilakukan pergantian air secara total.

Perawatan lain, yaitu setiap enam bulan kita lihat kondisi air kolam, jika memang sudah sangat hijau pekat dan anda perkirakan sudah ada banyak lumpur pada dasar kolam, maka ini adalah saatnya anda menguras air kolam secara keseluruhan.

Karena biasanya untuk menyiapkan kolam agar siap untuk digunakan kembali, perlu waktu kira-kira seminggu, maka sebaiknya anda siapkan juga tempat penampungan sementara sampai kolam siap untuk digunakan kembali.

Selain itu untuk menjaga kondisi ikan, maka pada area di pinggir kolam sebaiknya diberi penutup, fungsi penutup tersebut adalah sebagai tempat untuk berlindung ikan pada saat matahari bersinar terlalu terik. Jika ikan gurame terus-menerus terpapar sinar matahari yang terik, maka ikan akan lebih mudah untuk mengalami stress.

Tinggalkan Balasan