Kucing sebagai Penangkap Tikus

Mungkin anda adalah penikmat film kartun Tom and Jerry, maka sepertinya pemikiran anda sudah dibentuk bahwa jika tikus itu takut dengan kucing, dan saat melihat tikus maka kucing akan mengejarnya mati-matian. Dan mungkin salah satu alasan anda memelihara kucing adalah untuk menangkap tikus yang ada di dalam dan sekitar rumah anda.

Tetapi menurut saya itu hanyalah film rekaan dari sutradaranya saja, hanya jika anda melihat ke dalam dunia nyata, maka kondisi dalam film tersebut, bisa sangat bertolak belakang dengan kenyataan.

Saat ini saya lebih banyak melihat bahwa kucing yang takut dengan tikusnya, bahkan pada saat saya pergi ke Surabaya, ukuran tikus di sana bisa dua kali lebih besar dari ukuran kucingnya. Pernah suatu kali saya berkunjung ke salah satu Rumah Sakit, ternyata ukuran tikus di sana besar-besar, dan jumlah mereka juga sangat banyak. Jadi, warga di sana sudah tidak kaget lagi jika kucingnya yang malah takut dengan tikus.

Bahkan untuk daerah rumah tinggal saya yang ukuran tikusnya tidak sebesar di kota, ternyata kucing di sini juga tidak terlalu berani untuk memangsa tikus, kecuali jika memang tikus tersebut sudah mati sebelumnya, maka baru kucingnya berani untuk memangsanya. Tetapi jika harus berhadapan satu lawan satu sepertinya kucing kampung di sekitar rumah saya masih cukup penakut.

Lalu jika anda memelihara kucing dengan tujuan untuk menangkap tikus, maka sebaiknya anda pikirkan lagi hal itu. Apalagi jika sampai anda membeli kucing tersebut di pet shop, dengan harga yang mahal dan bulu yang indah, maka sepertinya anda harus berhenti berharap agar kucing tersebut bisa menangkap tikus. Karena kucing seperti ini hanya bisa malas-malasan dan menghabiskan makanan.

Kecuali, yang kita pelihara adalah jenis kucing hutan, atau kucing yang sangat liar, atau kucing yang sering makan darah hewan buruan, maka kucing seperti ini baru bisa digunakan untuk menangkap tikus. Hal ini karena insting alami mereka yang masih kuat sehingga mereka bisa memangsa hewan lain.

Tetapi jika yang anda pelihara adalah jenis kucing ras, maka sebaiknya jangan terlalu berharap untuk bisa menangkap tikus, mungkin jika ada tikus maka kucing tersebut yang akan lari.

Tinggalkan Balasan