Perbedaan Harga antara Sugar Glider dan Tupai Terbang

Pada artikel sebelumnya telah saya tuliskan beberapa perbedaan ciri fisik antara sugar glider dengan tupai terbang. Dan salah satu point yang sangat penting yang menjadi pembeda antara keduanya adalah soal harga jualnya, dan karena itu saya ingin berbagi sedikit soal harga jual sugar glider dan tupai terbang.

Untuk harga tupai kelapa biasanya dijual dengan harga Rp 25 – 50 ribu / ekor, sedangkan untuk tupai terbang biasanya dijual seharga Rp 100 ribu / ekor. Tetapi pastinya ini adalah harga jualnya, tetapi jika kita pandai menawar pastinya bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari pada itu.

Untuk jenis sugar glider yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia adalah dari jenis classic grey, sedangkan harga jual dari jenis ini yaitu Rp 250 – 350 ribu / ekor. Sugar glider ini memiliki warna yang cenderung mengarah ke abu-abu dengan garis hitam dari kepala sampai ekor. Sebenarnya dari semua jenis sugar glider yang pernah saya tahu bahwa, jenis ini adalah yang paling murah harganya.

Selain itu untuk sugar glider yang paling mahal adalah dari jenis albino dan jenis leucistic, kedua jenis ini dijual dengan kisaran harga Rp 10 – 15 juta / ekor. Sugar glider jenis albino dijual dengan sangat mahal karena permintaannya yang banyak, tetapi jumlahnya sangat sedikit, dan lagi jenis ini dianggap jenis yang unik, yaitu dengan warna bulu yang putih dan mata yang merah. Sementara untuk jenis leucistic juga hampir sama kondisinya dengan jenis albino, sehingga harganya juga hampir sama mahalnya

Selain itu masih ada sugar glider jenis white face, meskipun jika dilihat sekilas mirip dengan classic gray, tetapi jika diperhatikan lebih seksama maka sugar glider ini memiliki warna putih yang lebih luas cakupannya dari pada yang dimiliki oleh sugar glider classic gray, dan yang pastinya warna putih tersebut juga lebih dominan berada pada bagian wajahnya karena itu disebut sebagai white face.

Meskipun keduanya cukup mirip, tetapi saja hal lain yang sangat berbeda antara keduanya yaitu soal harga jualnya, karena sugar glider white face dijual dengan harga Rp 3 – 6 juta / ekornya.

Masih ada sugar glider jenis white tip, ciri dari sugar glider ini adalah memiliki corak warna putih pada bagian ekornya, tetapi meskipun sekilas masih mirip dengan classic gray, tetapi jenis ini rata-rata dijual dengan harga Rp 5 – 8 juta / ekornya.

Jenis yang terakhir adalah sugar glider jenis mosaic, bentuknya mirip dengan sugar glider lucistic, tetapi jenis ini memiliki tambahan berupa guratan-guratan berwarna abu-abu mirip seperti white face. Sedangkan untuk harganya mirip seperti sugar glider white tip, yaitu berkisar antara Rp 5 – 8 juta / ekornya.

 

Harga Tupai, Tupai Terbang, dan Sugar Glider

NoKeteranganHarga
1Tupai KelapaRp 25 – 50 ribu / ekor
2Tupai terbangRp 100 ribu / ekor
3Sugar glider classic greyRp 250 – 350 ribu / ekor
4Sugar glider albinoRp 10 – 15 juta / ekor
5Sugar glider leucisticRp 10 – 15 juta / ekor
6Sugar glider white faceRp 3 – 6 juta / ekor
7Sugar glider white tipRp 5 – 8 juta / ekor
8Sugar glider mosaicRp 5 – 8 juta / ekor

 

Tinggalkan Balasan