Perbedaan Bentuk Tubuh antara Sugar Glider dan Tupai Terbang

Banyak orang yang menyamakan sugar glider dan tupai terbang, bahkan ada pedagang hewan peliharaan yang memberikan tupai terbang ketika akan membeli sugar glider, entah karena dia ingin menipu atau memang karena tidak tahu perbedaan antara keduanya.

Mungkin kesamaan antara sugar glider dan tupai terbang adanya kulit yang berbentuk seperti membran tipis yang terbentang antara kaki depan sampai ke kaki belakang, dan dengan adanya membran tersebut maka kedua hewan tersebut memiliki kemampuan untuk dapat berpindah tempat dengan cara melayang. Mungkin karena hal inilah maka banyak orang yang terkecoh, dan sulit untuk membedakannya.

Bahkan dari segi warna, keduanya juga memiliki corak warna yang hampir sama, kebanyakan di pasaran kedua hewan ini memiliki warna abu-abu, tetapi yang membedakannya bahwa sugar glider memiliki garis hitam yang memanjang dari kepala sampai ke ujung ekornya.

Namun sebenarnya pada kenyataannya warna bulu sugar glider ada banyak coraknya, tetapi hal ini karena warna yang paling umum adalah warna abu-abu, maka kebanyakan orang akan mengansumsikan bahwa warna sugar glider adalah abu-abu.

Hal lain yang dapat kita bedakan antara sugar glider dengan tupai terbang adalah dari segi wajahnya, karena wajah tupai terbang lebih mirip bajing kelapa / tupai pada umumnya, sedangkan wajah sugar glider lebih mirip wajah kuskus.

Selain itu kita juga bisa melihat perbedaan keduanya pada ekornya, ekor tupai terbang berbentuk mengembang dan datar sedangkan ekor dari Sugar glider berbentuk membulat dan terangkat naik. Meskipun bentuk dari kedua ekor hewan ini sedikit berbeda, tetapi memiliki fungsi yang hampir sama yaitu untuk membantu mengarahkan arah gerak jatuh / melayang dari keduanya.

Sugar glider adalah jenis hewan marsupial atau yang lebih akrab disebut sebagai hewan berkantung, contoh lain hewan marsupial adalah kanguru. Jadi, saat anak Sugar glider lahir, maka akan langsung masuk ke dalam kantung tersebut. Sedangkan tupai terbang saat dia melahirkan anaknya, maka akan dirawat di luar tubuhnya.

Untuk Sugar glider sendiri memiliki ciri bau yang khas sekali, hal ini karena sugar glider memiliki kelenjar bau, yang terkadan bisa membuat sebagian orang menjadi tidak suka dengan bau tersebut, sedangkan hal ini tidak terdapat pada tupai terbang.

Dan yang paling membedakan antara sugar glider dan tupai terbang adalah harganya, karena tupai terbang memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan Sugar glider. Dan bahkan sudah banyak cerita dari teman-teman yang ingin membeli Sugar glider tetapi malah diberi tupai terbang.

Ada yang kecewa, tetapi karena harga dari tupai terbang tidak terlalu mahal seperti sugar glider maka kebanyakan dari mereka bisa untuk menerimanya.

Sedangkan persamaan dari kedua hewan ini yaitu mereka adalah jenis hewan nocturnal yang artinya mereka akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk beraktifitas di malam hari, dan biasanya mereka akan beristirahat pada siang hari.

Tinggalkan Balasan