Nama Ilmiah Sugar Glider dan Nama Ilmiah Tupai Terbang

Sugar glider adalah jenis hewan yang sudah memiliki tempat di hati para penghobinya, bahkan sekarang di banyak tempat sudah mulai bermunculan komunitas pecinta sugar glider. Hanya saja karena bentuknya yang hampir mirip dengan tupai terbang, maka banyak orang yang tertipu untuk membedakan keduanya.

Hal ini karena tupai terbang dan juga sugar glider sama-sama memiliki selaput yang membentang antara kaki depan sampai ke kaki belakang mereka, dan fungsi dari selaput ini juga sama, yaitu sebagai alat bantu untuk melayang di udara, yang memungkinkan keduanya untuk dapat berpindah tempat dengan jarak yang jauh, yang nampak seperti terbang di udara.

Meskipun demikan, keduanya adalah jenis yang sangat berbeda, karena itu ada baiknya jika kita bisa mengenal kedua hewan ini dengan lebih dekat. Salah satunya dengan mengetahui nama ilmiah dari kedua hewan ini.

Sugar glider, memiliki nama ilmiah yaitu :

Kingdom          : Animalia

Filum               : Chordata

Kelas               : Mammalia

Infrakelas        : Marsupialia

Ordo                : Diprotodontia

Famili              : Petauridae

Genus              : Petaurus

Spesies             : P.breviceps

 

Sedangkan untuk tupai terbang meliki nama ilmiah, yaitu :

Kingdom          : Animalia

Filum               : Chordata

Kelas               : Mammalia

Ordo                : Rodentia

Famili              : Sciuridae

Genus              : Iomys

Spesies             : I.horsfieldi

 

Mungkin jika dilihat secara sekilas maka wajah tupai terbang lebih mirip bajing kelapa / tupai pada umumnya, sedangkan wajah sugar glider lebih mirip wajah kuskus. Hanya saja meskipun demikian, tetap saja memerlukan pengalaman untuk dapat membedakan antara keduanya. Saya pikir salah satu perbedaan yang paling mencolok antara keduanya adalah dari segi harga jualnya saja, karena harga jual sugar glider lebih mahal dari pada tupai terbang.

Tinggalkan Balasan