Harga Burung Puyuh

Selain ayam dan bebek, burung puyuh adalah salah satu hewan yang sangat banyak dibudidayakan untuk diambil daging dan telurnya. Memang ukuran tubuh dan ukuran telur dari burung puyuh tidak sebesar ayam atau bebek, tetapi karena daging dan juga telur burung puyuh memiliki cita rasanya sendiri, maka banyak orang yang juga suka untuk mengkonsumsinya, dengan demikian maka secara tidak langsung juga membantu untuk pengembangan peternakan burung puyuh.

Sebenarnya untuk burung puyuh liar, masih cukup banyak terdapat di sekitar tempat tinggal saya, hal ini karena di sekililing rumah saya masih cukup banyak perekebunan tebu, dan ladang milik masyarakat, sehingga burung-burung ini masih dapat berkeliaran dengan bebas, hanya sekarang saya sudah mulai jarang melihat anak-anak yang biasa menjerat dan menangkap burung puyuh liar tersebut, meskipun jumlahnya masih cukup banyak.

Di sekitar tempat tinggal saya konsumsi burung puyuh memang cukup tinggi, konsumen terbanyak adalah warung makan tenda yang menyajikan menu lalapan, sedangkan untuk telur burung puyuh sendiri malah jauh lebih banyak lagi pemanfaatannya.

Pada artikel kali ini saya ingin membagikan harga dari burung puyuh, yang saya dapatkan dari salah seorang kenalan. Dia adalah salah satu distributor dan peternak burung puyuh, bahkan burung puyuh miliknya sudah dikirimkan sampai keluar pulau Jawa.

Harga setiap box burung puyuh adalah Rp 75.000 / box, dan untuk setiap box berisi 500 ekor puyuh. Untuk pengiriman jarak jauh, biasanya teman saya ini mematok minimal pembelian 7 box, sedangkan untuk ongkos kirimnya akan disesuaikan dengan jarak ke lokasi tujuan.

Kalau kita ingin membeli langsung ke lokasi pembibitan, juga bisa dilakukan, sedangkan untuk harganya adalah Rp 10.000 / 50 ekor, dengan catatan pembeli harus membawa wadah sendiri, atau wadah tidak disediakan penjual.

Kenalan saya ini menjual beberapa jenis produk dari burung puyuh. Beberapa produk tersebut yaitu puyuh petelur (yang masih berusia anakan dan remaja), klurukan (puyuh jantan berbunyi), remaja (burung puyuh remaja jantan), dan yang terakhir adalah burung puyuh afkir.

 

Harga Burung Puyuh

NoKeteranganHarga
11 box / 500 ekorRp   75.000 / box
2Membeli langsung ke lokasiRp   10.000 / 50 ekor

 

Tinggalkan Balasan