Ikan Hias menjadi Jelek saat Sampai di Rumah

Terkadang banyak orang yang salah saat akan memilih ikan yang akan dibeli, bahkan sebagian masih ragu apakah ikan yang akan mereka beli tersebut akan digunakan sebagai pengisi kolam atau aquarium. Sering terjadi bahwa ikan yang dibeli di pet shop memiliki kualitas yang bagus, tetapi saat sampai di rumah keindahan dari ikan tersebut seperti menghilang begitu saja.

Sebenarnya dalam memilih ikan hias, kita tidak bisa sembarangan seperti halnya memilih ikan konsumsi (yang lebih mengedepankan berat ikan dan kesegarannya). Ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh konsumen sebelum membeli ikan, misalnya saja : bentuk tubuh, warna, dan pergerakan ikan di air.

Sebenarnya hal yang paling utama yang harus diperhatikan oleh konsumen sebelum membeli ikan hias adalah “ikan tersebut akan terlihat bagus jika diperhatikan dari atas atau dari samping. ┬áKarena jika anda membeli ikan yang bagus jika dilihat dari samping, tetapi anda meletakkannya di kolam, maka secara otomatis keindahan dari ikan tersebut bisa menghilang, dan demikian juga sebaliknya.

Intinya keindahan dari ikan tersebut tidak dapat dilihat dari posisi terbaiknya, Lagi pula jarang sekali ada jenis ikan yang bagus jika dilihat dari berbagai sisi.

Contohnya anda membeli ikan jenis koi, tetapi karena takut perawatannya kurang, maka anda meletakkanya di aquarium dengan maksud agar lebih mudah mengontrolnya, tetapi ternyata malah ikan tersebut nampak tidak semenarik saat anda memilihnya di pet shop. Hal ini karena ikan jenis koi memang lebih bagus jika diamati dari sisi atas, jadi paling cocok jika diletakkan pada kolam.

Demikian juga jika anda membeli ikan jenis arwana, dan anda meletakkan di kolam, maka seperti ada yang kurang. Hal ini karena memang ikan arwana adalah jenis ikan yang nampak indah jika dilihat dari sisi sampingnya.

Untuk lebih mudah dalam menentukan apakah ikan tersebut bagus jika dilihat dari sisi samping atau sisi atas, maka sebaiknya anda melihat para pedagang ikan dalam memajang ikan dagangan mereka. Karena para pedagan itu pasti ingin menunjukkan keindahan ikan yang mereka jual, karena itu mereka akan memajang ikan tersebut menurut posisi yang paling ideal untuk menunjukkan keindahannya.

Satu lagi bahwa untuk jenis ikan mas koki, sebaiknya anda lebih berhati-hati, karena setahu saya ada jenis yang bagus jika dilihat dari atas tetapi ada juga jenis yang lebih bagus jika dilihat dari samping.

Tinggalkan Balasan