Manfaat Batang dan Daun Pepaya untuk Ikan Lele

Sebenarnya tidak hanya daun pepaya saja yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan ikan lele, tetapi sebenarnya pohon pepaya juga memiliki khasiat yang cukup baik. Pohon pepaya yang kita masukkan ke dalam kolam lele dapat menstabilkan pH kolam, yang pastinya khasiat ini akan sangat berguna jika digunakan pada musim hujan, karena memang pada masa itu sering terjadi lonjakan pH atau bahkan penurunan yang sangat tajam.

Biasanya pohon pepaya yang dimasukkan ke dalam kolam lele akan ditumbuhi lumut, dan lumut tersebut ternuyata memiliki khasiat sebagai obat herbal. Dan jika lumut tersebut dimakan oleh ikan maka dapat memberikan dampak yang bagus terhadap perkembangan ikan.

Selain batangnya ternyata daun pepaya juga memiliki banyak khasiat. Misalnya saja di dalam daun pepaya terdapat enzim papain yang memiliki kemampuan anti proteolitik dan antimicroba. Selain itu di dalam daun pepaya juga terdapat alkaloid carpain yang berufungsi sebagai anti bakteri. Selain zat tersebut ada juga tocophenol dan flavonoid yang memiiki fungsi sebagai antimicroba.

Selain fungsi tersebut, daun pepaya juga terbukti ampuh sebagai bahan antibakteri dan sebagai imunostimulan. Yang artinya daun pepaya bisa juga digunakan sebagai obat pencegah dan pengobatan terhadap infeksi bakteri, terutama Aeromonas hydrophila.

Selain itu daun pepaya juga diyakini ampuh sebagai obat stres ikan lele yang baru di beli. Daun pepaya juga dapat dijadikan sebagai obat penenang ikan lele di dalam kolam. Dan jika diberikan secara teratur maka dapat mengurangi sifat kanibalisme diantara ikan lele.

Hanya perlu saya sampaikan di sini bahwa pemberian daun pepaya secara berlebihan maka dapat membuat rasa dari daging lele menjadi pahit, dan pastinya tidak akan laku jika dijual. karena itu dalam pemberian daun pepaya kita harus memperhatikan juga takarannya.

Tinggalkan Balasan