Nama Ilmiah Ikan Lele

Lele adalah salah satu jenis ikan air tawar yang cukup banyak peminatnya di Indonesia, terutama untuk wilayah Indonesia bagian Barat, karena setahu saya untuk Indonesia bagian Timur, mereka memiliki sumber ikan laut yang melimpah, sehingga di sana ikan air tawar menjadi tidak laku, kalaupun laku mungkin cuma dijadikan umpan memancing atau dijadikan sebagai pakan ternak saja.

Untuk lebih mengenal ikan lele, maka tidak ada salahnya kita mengenal nama ilmianya, dan nama ilmiah dari ikan lele yaitu :

Kerajaan          : Animalia

Filum               : Chordata

Kelas               : Tinopterigii

Ordo                : Siluriformes

Famili              : Claridae

Genus              : Clariass

Spesies             :

  • Clarias batrachus : Memiliki nama lokal, lele kampung, ikan pintet, ikan ini menyebar di Asia Selatan dan Asia Tenggara, di Indonesia penyebarannya di Sumatra, Kalimantan dan Jawa
  • Clarias gariepinus : Lebih dikenal sebagai lele dumbo (King Catfish), penyebaran alaminya hampir di seluruh Afrika dan Asia kecil, tetapi untuk pembudidayaannya sudah lebih luas lagi, termasuk di Indonesia sendiri.

Untuk spesies dari ikan lele, sebenarnya masih banyak kerena memang persebaran alami dari ikan lele memang sudah cukup banyak, tetapi untuk sekarang ini malah ada jauh lebih banyak lagi spesies baru, yang dikembangkan oleh para peternak dan para ahli untuk menghasilkan spesies yang lebih unggul dan yang lebih menguntungkan.

Sehingga hampir di setiap daerah pasti akan memiliki spesies unggulnya masing-masing. Bahkan sampai saat ini masih saja terus dikembangkan varietas ikan lele yang baru, yang nantinya dapat dipastikan bahwa spesies ikan lele akan terus mengalami penambahan.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi perbedaan spesies lele, misalnya saja seperti iklim, suhu, temperatur udara dan air, kondisi perairan, cara beternak, pasokan makanan, dan beberapa hal spesifik lainnya. Karena di setiap daerah kondisi tersebut pasti berbeda-beda, maka dapat dipastikan hasil pengembangan dari spesies tersebut akan berbeda-beda pula.

Ada beberapa varietas ikan lele yang dianggap unggul di tempat saya, jenis tersebut yaitu dari jenis sangkuriang, jenis piton, dan yang paling baru jenis mutiara. Mungkin saja dalam beberapa waktu ke depan akan ada jenis baru yang lainnya juga. Karena yang namanya pengembangan sepertinya akan terus berlanjut.

Tinggalkan Balasan