Harga Bibit Lele di Bogor pada Periode Juni 2017

Memang jika kita akan memulai untuk melakukan tebar bibit lele sekarang, saya rasa waktunya sudah cukup terlambat, karena bulan Ramadhan / puasa sudah dimulai. Karena biasanya banyak peternak yang akan memulai panen sekarang atau paling tidak mereka sebentar lagi, menurut pengalaman saya biasanya  harga lele bisa mencapai harga tertinggi saat memasuki bulan puasa sampai mendekati Lebaran.

Alasan harga jual lele bisa mencapai titik tertinggi, karena pada bulan puasa sampai Lebaran pastinya permintaan akan semakin meningkat, sehingga berimbas pada harga jualnya juga.

Tetapi jika kita melakukan tebar bibit baru sekarang, maka paling tidak kita akan panen setidaknya dua bulan lagi, dan itu artinya setelah Lebaran selesai, maka kemungkinan kita akan rugi jika demikian, karena harga jual lele akan turun lagi.

Saya rasa hal ini sangat wajar, karena memang konsumen akan banyak membeli lele untuk konsumsi sebelum dan selama Lebaran, tetapi setelah selesai maka jumlah konsumsinya akan kembali seperti semula, bahkan mungkin sudah bosan sehingga jumlah konsumsinya cenderung menurun. Karena itu harga jual lele akan turun.

Kemarin saya mendapatkan penawaran untuk harga jual bibit ikan lele di wilayah Bogor, mungkin harga ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan saat anda akan membeli bibit lele.

NoUkuran bibit leleHarga
12 – 3 cmRp. 100 / ekor
23 – 4 cmRp. 125 / ekor
34 – 5 cmRp. 150 / ekor
45 – 6 cmRp. 200 / ekor
56 – 7 cmRp. 250 / ekor
67 – 8 cmRp. 300 / ekor
78 – 9 cmRp. 350 / ekor
89 – 10 cmRp. 400 / ekor
910 – 11 cmRp. 450 / ekor

Untuk harga bibit yang saya tampilkan di atas, memang berbeda dengan harga bibit yang ada di Malang, tetapi saya rasa perbedaan tersebut masih berada pada taraf yang wajar.

Jika memang anda membutuhkan data dari penjual bibit lele di beberapa kota lain, maka anda dapat melihatnya pada artikel Data Penjual Bibit Ikan di Indonesia. Anda dapat langsung bernegosiasi sendiri dengan penjualnya, karena kami di sini hanya sebagai pengumpul data saja, dan tidak mencampuri urusan jual-beli yang terjadi.

Tinggalkan Balasan