Memelihara Reptil Jinak seperti Kura-kura

Sebelumnya saya memang belum pernah memelihara hewan jenis reptil ataupun amphibi, dan ini merupakan pengalaman saya yang pertama dalam memelihara reptil. Alasan saya tidak memelihara reptil karena menurut saya hewan jenis reptil memiliki bentuk yang cenderung jelek. Tetapi jika peternak lain mungkin menyebutnya sebagai eksotis, mungkin itu hanya perbedaan penyebutannya saja.

Saya memelihara kura-kura karena, sebelumnya adik saya ingin memperkenalkan hewan peliharaan kepada anaknya yang masih kecil. Karena sebelumnya saat dibelikan berbagai jenis ikan hias, ikan-ikan tersebut berakhir dengan kematian, alasannya karena rasa ingin tahu dari keponakan saya yang masih sangat tinggi, maka ikan-ikan tersebut sering dibuat mainan, dan terlau sering diberi makan, dan akhirnya ikan-ikan tersebut jadi gampang mati.

Kondisi kura-kura berbeda dengan ikan, karena saat kura-kura diangkat dari air maka dia tidak langsung mati seperti halnya ikan hias. Yang jelas kura-kura lebih tahan banting jika dibandingkan dengan ikan, karena itu lebih cocok jika dijadikan sebagai hewan peliharaan, yang tujuannya sebagai media pembelajaran bagi anak kecil.

Lagi pula kura-kura adalah hewan yang jinak, dan tidak membahayakan jika dimainkan oleh anak-anak. Kura-kura kecil tidak menggigit, mereka herbifora, dan kalaupun yang kita pelihara adalah kura-kura dari jenis karnivora atau omnivora, maka biasanya mereka hanya makan ikan yang lebih kecil dari pada mocong mulutnya, dan sama sekali tidak menyerang manusia. Bahkan gerakan mereka juga cenderung lambat.

Saya juga belum pernah mendengar ada manusia yang mati diserang oleh kura-kura, baik itu dari semua jenis dan ukuran kura-kura. Lagi pula kura-kura juga bukan jenis hewan yang membawa parasit yang bisa merugikan manusia, seperti halnya jenis kucing dan anjing. Karena itu saya masih menganggap bahwa kura-kura adalah jenis hewan yang aman dijadikan sebagai hewan peliharaan, terutama untuk anak-anak.

Untuk jenis kura-kura yang saya beli adalah kura-kura dari jenis Brazil, kura-kura kecil ini memiliki cangkang yang berwarna hijau, meskipun saat di pet shop saya tahu bahwa warna ini akan berubah menjadi kehitaman, pada saat kura-kura tersebut sudah bertambah besar nanti.

Untuk pakannya sendiri sepertinya tidak terlalu berbeda seperti ikan hias, karena kura-kura mau diberi makan pelet ikan (sebagai makanan pokoknya), sebagai tambahan saya sering memberikan makan ikan kecil (mungkin karena masih kecil, maka biasanya kura-kura saya jarang bisa menangkap ikan yang masih hidup, karena itu terkadang ikan tersebut harus dimatikan dulu sebelum diberikan). Sebagai makanan tambahan saya memasukkan sayuran seperti kangkung dan wortel ke dalam menunya, meskipun sayuran tersebut hanya sedikit yang dimakan, tetapi setidaknya bisa menambah variasi makanannya.

Tinggalkan Balasan