Waktu Untuk Melakukan Panen Ikan Lele

Waktu panen ikan lele, sebenarnya adalah waktu yang paling dinantikan oleh para peternak, karena pada waktu itu segala jerih payah dan usaha yang telah dilakukan akan mendapatkan imbalannya. Hanya saja terkadang kita melakukan beberapa kesalahan dalam melakukan panen, sehingga hasil dari panen tersebut menjadi sangat tidak optimal, atau terkadang malah dapat membuat bobot hasil panen kita menjadi berkurang.

Pada saat ikan lele yang kita budidayakan sudah mencapai ukuran konsumsi (panjang berkisar antara 20-25 cm, dan berat sekitar 100 gram), maka pada saat itu ikan lele sudah dapat kita panen. Hanya saja, menurut pengalaman saya bahwa ikan lele dalam satu kolam, pasti tidak memiliki ukuran yang sama persis, bahkan meskipun ada temannya yang sudah besar, tetapi masih ada beberapa ekor yang ukurannya masih sangat kecil. Hal tersebut saya rasa masih wajar, dan jika jumlah ikan yang siap konsumsi sudah lebih banyak, maka sebenarnya ikan lele dalam kolam tersebut sudah dapat segera dipanen.

Dalam melakukan panen ikan lele, pemilihan waktu juga sangat menentukan dalam keberhasilan panen tersebut. Menurut saya untuk melakukan panen ikan lele, sebaiknya dilakukan pada waktu pagi atau sore hari, yaitu dimana matahari sudah tidak lagi bersinar dengan teriknya.

Permasalahan yang mungkin dihadapi oleh para peternak jika sampai ikan lele terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama, yaitu ikan lele akan mudah untuk menjadi stress, yang akhirnya karena ikan mengalami stress, maka dapat membuat bobot ikan akan menyusut. Jika sampai terjadi penyusutan bobot ikan lele, maka para peternak bisa sangat dirugikan. Karena bobot dari ikan lele berbanding lurus dengan pendapatan yang akan kita peroleh.

Karena penurunan bobot ikan lele, sebenarnya masih bisa dipulihkan kembali dengan proses perawatan yang baik selama beberapa hari. Jadi, jika ikan mengalami stress dan bobotnya menyusut, maka ikan yang dibeli oleh tengkulak tersebut bobotnya rendah, tetapi setelah ikan lele tersebut dirawat selama beberapa hari, maka ikan lele tersebut bisa pulih kembali bobotnya, maka pada saat dijual ikan  tersebut bisa mencapai bobot yang lebih berat. Akibatnya kita sebagai peternak yang akan dirugikan, jika waktu pengambilan lelenya tidak tepat.

Maka dari itu, pada saat anda melakukan panen ikan lele, maka usahakan agar tengkulak yang akan mengambil hasil panen anda datang pada pagi atau menjelang sore hari. Jika sampai tengkulak tersebut mengambil pada tengah hari bolong, pada saat matahari masih bersinar dengan teriknya, maka meskipun anda sedang butuh, tetapi usahakan agar menolaknya, dan minta untuk mengambil pada nanti sore.

Untuk jumlah pasti dari penyusutan bobot ikan lele ini, saya pribadi masih belum tahu persis berapa angkanya, karena penghitungannya cukup sulit untuk dilakukan. Tetapi yang pasti bahwa berapapun angkanya, tetap saja itu adalah suatu kerugian.

Tinggalkan Balasan