Umur Ikan Lele Sampai Bisa Dipanen

Sebenarnya saya merasa tidak nyaman dengan tulisan, yang menyakan bahwa, untuk dapat panen lele bisa dilakukan dalam dua bulan, atau yang lebih extrem lagi ada tulisan lain yang menyatakan bahwa panen ikan lele, bisa dilakukan dalam waktu satu bulan. Karena untuk saya sendiri, jika menggunakan bibit yang 1 inch, atau sekitar 2 cm, saya masih memerlukan waktu sekitar tiga bulan sampai tiga bulan setengah untuk bisa panen.

Karena membaca judul tulisan seperti itu, terkadang saya merasa bodoh karena apakah cara pembesaran yang sudah saya lakukan selama ini ternyata ada yang salah. Sehingga saya pernah melakukan banyak percobaan, untuk memacu pertumbuhan dari ikan lele yang saya pelihara, tetapi kenyataannya tetap saja tidak dapat memacu pertubuhan ikan lele sampai secepat itu.

Menurut perkiraan saya, jika dihitung sejak ikan lele menetas sampai mencapai ukuran konsumsi, maka memerlukan waktu sekitar 3,5 – 4 bulan. Waktu ini sudah seperti waktu yang baku, dan sudah tidak dapat dipercepat lagi. Bahkan menurut saya waktu ini dapat dicapai jika perawatan yang kita lakukan sangat baik, karena jika kita hanya asal-asalan saja dalam merawatnya, maka proses perawatan ikan lele sampai lele tersebut siap panen, dapat mencapai sampai 5 bulan atau lebih.

Sebenarnya orang yang mengatakan bahwa dia bisa panen lele, dalam waktu satu sampai dua bulan, bukanlah omong kosong, tetapi memang bisa dilakukan. Hanya saja, bibit yang digunakan bukanlah bibit yang berukuran kecil, seperti yang saya gunakan, tetapi mereka menggunakan bibit lele yang sudah berukuran besar. Beberapa dari mereka menggunakan bibit ukuran 8 cm, bahkan ada yang menggunakan bibit ukuran 10 cm. Karena bibit yang digunakan sudah besar, maka secara otomatis waktu yang diperlukan untuk menunggu sampai panen juga tidak akan lama.

Sebenarnya jika dilihat dari sisi waktunya, sebenarnya untuk ikan lele agar bisa mencapai ukuran 8 cm, tetap dibutuhkan waktu sekitar dua bulan, sehingga yang sebenarnya terjadi kita memang hanya merawat ikan lele selama dua bulan. Jadi secara logika, kita hanya memindahkan sebagian waktu pembesaran lele, kepada pihak lain.

Tetapi yang mereka gembar-gemborkan, bahwa waktu untuk membesarkan lele hanya dua bulan, tetapi mereka jarang menyebutkan bahwa bibit yang digunakan memang sudah besar, sehingga hal ini bisa membuat para peternak pemula yang menggunakan bibit ukuran kecil menjadi minder, karena merasa gagal jika merawat lele selama 3 – 4 bulan.

Yang ingin saya tekankan di sini, bahwa dalam budidaya lele saat ini, masih belum ada jalan pintas untuk dapat mempercepat proses pembesaran ikan lele, yang ada hanya mengalihkan sebagian waktu pembesarannya pada pihak lain. Jadi, untuk anda para pemula jangan merasa minder akan hal itu.

    • bowo on 10 Oktober 2017 at 10:26 pm

    Reply

    Terima kasih informasinya.
    Mohon informasinya, Kalau untuk ikan mas berapa lama waktu pemeliharaan yang dibutuhkan sejak ikan menetas hingga ukuran konsumsi.

  1. Reply

    Yap betul boz , pembesaran lele dari ukuran 8 cm sampe panen ukuran sekilo 6 sampe 7 ekor itu butuh dua bulan itu pas banget boz , tidak bisa dipercepat lagi alias hasil baku .

    • yoga on 20 Mei 2018 at 2:08 pm

    Reply

    Kalau ukuran 78 itu ukuran cm atau apa? Dn brpa lama akan panen ny

      • Remi on 23 Mei 2018 at 4:50 am
      • Author

      Reply

      Iya benar, bahwa di kalangan peternak ikan lele, yang dimaksud 78 itu adalah ukuran ikan lele 7 – 8 cm. Biasanya kalau merupakan bibit hasil sortir pertama memerlukan waktu sekitar 1 – 1,5 bulan untuk panen. Tetapi jika itu ikan sortir berikutnya maka bisa lebih lama dari itu.

      Selain itu sebenarnya kualitas pakan juga menentukan kecepatan pertumbuhan ikan.

    • yoga on 24 Mei 2018 at 6:59 pm

    Reply

    Ahh yg bner 1.5bulan udh panen?? Brp ekor perkilo ny dn pnya sya dari tgl 1 april sampai skrng koq blm panen?
    Sya d tangerang

      • Remi on 26 Mei 2018 at 4:57 am
      • Author

      Reply

      Mohon konfirmasinya mas Yoga, apakah bibit yang anda beli berasal dari pembenih bersertifikat atau tidak? Atau jangan-jangan anda membelinya dari tengkulak, yang mencampur bibit dari berbagai jenis dan dari berbagai peternak.
      Selain itu, apakah bibit yang anda gunakan adalah sortir pertama atau bukan? Karena saya juga pernah menggunakan bibit yang sortir terakhir, dan sampai lima bulan ikan masih belum bisa dipanen, pada saat itu ikan memiliki nafsu makan yang kecil.
      Lalu pemberian pakannya, apakah menggunakan pakan yang kualitasnya baik atau tidak?
      Karena memang ada banya faktor yang sangat berpengaruh dalam proses budidaya lele ini.

    • yoga on 25 Mei 2018 at 1:08 am

    Reply

    Dan kalo kbnykan pakan ikan selalu terapung di permukaan

      • Remi on 26 Mei 2018 at 5:02 am
      • Author

      Reply

      Ya pasti mas, ikan lele kalau kekenyangan mereka memerlukan oksigen dalam jumlah yang banyak untuk mencerna makanannya, maka dari itu mereka akan mengambil oksigen langsung dari udara bebas. Itu alasannya, mengapa mereka banyak berenang di dekat permukaan, bahkan banyak yang berenang tegak, atau berada pada posisi hormat.
      Jika terlalu sering diberi pakan yang banyak seperti itu, kemungkinan besar ikan akan semakin mudah terserang penyakit, dan ikan menjadi gampang mati, selain itu air kolam biasanya akan menjadi cepat keruh, dan jika tidak sering diganti maka ikan bisa kembung lalu mati.

  2. Reply

    Bisa aja mas 1,5bulan panen dari ukuran 78 dgn syarat itu bibit sortiran pertama dan kolam juga dalam keadaan sehat..

    Jd intinya kalo mau cepat panen beli bibit yg besar ukurannya, kalo bisa ukuran 8ekor per kilo besoknya bisa langsung panen hahaha.. Sabar itu kuncinya mas, karna usaha gk bakal mengecewakan hasil..

      • Remi on 26 Mei 2018 at 4:58 am
      • Author

      Reply

      Saran yang bagus mas. Terima kasih.

    • yoga on 29 Mei 2018 at 12:46 am

    Reply

    Lalu knpa ada pembudidaya yg menggunakan kolam ny d atas ada kandang ternak???
    Dan bukan kah kotoran hewan sapi mau pun kambing dn hewan unggas lain ny itu untuk d jadikn pupuk dn d serap oleh tanaman bukan d cerna oleh ikan,,,

      • Remi on 31 Mei 2018 at 4:42 am
      • Author

      Reply

      Kalau itu sih terserah peternaknya, kalau saya sendiri merasa jijik makan lele yang diberi makan kotoran, meskipun ikannya besar-besar.
      Tetapi yang pasti dengan memberi makan kotoran maka ongkos pakan bisa ditekan cukup banyak.

    • yoga on 2 Juni 2018 at 6:44 pm

    Reply

    Hahaaaha

    • Subekti on 28 Agustus 2018 at 5:26 pm

    Reply

    Di Indramayu sudah lama dan umum memelihara lele 1 bulan untuk panen pertama. Yang penting bibit minimal 5-7 (sortiran pertama), kualitas kolam, pakan, kepadatan. Silahkan belajar dari H Maming peternak lele terbesar di Indonesia (2010 luas kolamnya 150 ha). Kecepatan budidaya dan keseragaman ukuran ikan sangat penting untuk meminimalisir kanibalisme.

      • Remi on 29 Agustus 2018 at 4:19 am
      • Author

      Reply

      Terima kasih untuk masukannya

Tinggalkan Balasan