Lele Muntah Karena Kandungan Minyak di Dalam Pelet

Pada beberapa waktu yang lalu saya menuliskan tentang akibat yang mungkin dapat timbul jika ikan lele yang kita pelihara mengalami muntah, dan baru saja saya menemukan hal baru yang dapat menyebabkan lele itu memuntahkan kembali pakan yang telah ditelannya, yang akan saya bahas pada artkel ini.

Ternyata tidak hanya masalah mengaduk air kolam, setelah ikan lele diberi makan yang dapat membuat lele memuntahkan kembali makanannya, ataupun air hujan yang turun setelah kita selesai memberikan pakan ikan. Ternyata saya baru tahu bahwa kandungan minyak mesin yang ada di dalam pelet pakan ikan lele tersebut juga ikut andil dalam proses lele memuntahkan kembali makanannya.

Ternyata dalam proses pembuatan pelet pakan ikan, ada dua jenis mesin yang biasa digunakan oleh pabrik. Yang pasti kedua jenis mesin tersebut memerlukan minyak sebagai pelumas untuk dapat membuat mesin bekerja secara optimal.

Saya baru tahu bahwa mesin yang menggunakan minyak pelumas pada bagian luarnya sangat berisiko akan terjadinya kebocoran, dan bukan tidak mungkin karena kebocoran minyak tersebut akan membuat pelet yang dihasilkan menjadi terkontaminasi minyak dari mesin pembuatnya.

Karena di dalam pelet yang dimakan oleh lele, terdapat minyak dari mesin tersebut, maka hal ini dapat membuat ikan menjadi mual, dan karena itu hanya dengan goncangan yang kecil pada air kolam, maka sudah dapat membuat ikan lele untuk memuntahkan kembali makanannya.

Sedangkan untuk mesin yang minyaknya berada di dalam, maka resiko untuk minyak tersebut tumpah atau merembes menjadi kecil, sehingga resiko minyak dari mesin untuk mencemari pelet yang dihasilkan menjadi sangat kecil juga. Yang akhirnya membut kualitas pelet menjadi lebih baik, daripada pelet yang diproduksi oleh mesin dengan minyak yang ada di luar.

Saya baru sadar ternyata bukan hanya faktor bahan baku yang digunakan untuk memproduksi pelet yang harus diperhatikan, tetapi juga faktor kandungan minyak dari mesin pembuatnya juga perlu dilihat dan dicermati. Karena ini juga akan berpengaruh pada kualitas panenan ikan lele kita.

Kadang jika dilihat dari harga peletnya maka kita tidak akan dapat menjamin bahwa pelet tersebut bebas dari kandungan minyak pelumas mesin produksinya atau tidak. Tetapi untuk berjaga-jaga sebaiknya anda melihat dengan seksama apakah ada kandungan minyak pada pelet yang anda gunakan, misalnya apakah pelet tersebut mengkilap, mungkin tidak akan semengkilap gorengan, tetapi jelas terlihat bercak minyak atau tidak.

Atau saat anda merendam pelet ke dalam air mungkin ada tanda seperti bekas minyak di permukaan airnya, mungkin tidak akan terlihat jelas, tetapi jika diamati dengan seksama akan terlihat apakah ada kandungan minyak atau tidak di dalam pelet yang kita gunakan tersebut.

2 comments

    • Andri Setiawan on 10 April 2018 at 3:00 pm

    Reply

    Didalam pelet emang mengandung minyak yang berasal dari kandungan lemaknya

      • Remi on 15 April 2018 at 3:40 am
      • Author

      Reply

      Iya memang ada. Bisa dilihat pada saat anda selesai memberikan pakan, biasanya akan ada lapisan minyak di permukaan air kolam.

Tinggalkan Balasan