Kondisi Lele Berenang Bergerombol di Permukaan Kolam pada Salah Satu Sisi Kolam

Kadang kala kita sering melihat ikan lele yang sedang kita budidayakan melakukan aktivitas seperti ini, yaitu berenang di dekat permukaan kolam secara bergerombol, biasanya berenang secara bergerombol ini dilakukan oleh ikan pada salah satu sisi kolam saja, lalu pada sisi kolam yang lain ada lagi gerombolan yang lain lagi.

Menurut pengamatan saya bahwa ikan lele melakukan hal ini karena mereka merasa tidak cocok dengan kondisi air yang ada di dalam kolam, sebaiknya jika sudah terjadi sikap yang demikian yang ditimbulkan oleh ikan, maka kita segera melakukan pergantian air kolam. Pergantian air kolam perlu dilakukan meskipun kadang kala kita menilai bahwa air kolam budidaya kita masih tidak terlalu kotor, karena kita tidak tahu ada apa dengan air kolam kita sampai ikan-ikan tersebut menjadi bersikap seperti itu. Jadi sebagai langkah antisipasi maka kita sebaiknya langsung mengganti saja air kolam kita dengan air yang baru, dan yang bersih. Biasayanya setelah air kolam diganti maka ikan akan berenang kembali seperti biasa.

Hal seperti ini terjadi pada ikan lele yang saya pelihara, yaitu pada saat saya baru membeli bibit lele, tetapi kondisi air di kolam saya masih merupakan air baru, atau dengan kata lain air kolam saya belum diolah agar siap tebar. Yang terjadi pada bibit ikan lele yang saya tebarkan tersebut akan bergerombol pada salah satu sisi  saja, dan tidak mau menyebar kesemua bagian kolam. Tampaknya kedua hal ini memiliki kemiripan, yaitu terletak pada kualitas airnya, tetapi untuk masalah yang saya hadapi ini kemungkinan bisa menjadi fatal, karena beberapa hari kemudian hampir semua bibit lele yang baru saya tebar tersebut mati secara berjemaah, waktu itu saya hitung bahwa dengan menebarkan 2000 ekor bibit lele, saya hanya memanen 28 ekor ikan saja. Tetapi jika pada kasus saya ini sebaiknya sebelum memulai untuk memasukkan bibit sebaiknya air kolam budidaya lele disiapkan terlebih dahulu.

Ada tanda lain yang dimana kita juga harus segera melakukan pergantian air kolam, yaitu misalnya seperti pada saat ikan terlalu banyak berenang dekat permukaan air dengan kacau dan dalam jumlah yang banyak, sedangkan cara berenang ikan lele tersebut seperti kebingungan, dan dapat kita lihat bahwa ikan-ikan tersebut berenang dengan hampir dan saling bertabrakan antar yang satu dengan yang lainnya. Maka jika sudah terjadi seperti ini, sebaiknya kita juga harus segera mengganti air kolam dengan air yang baru dan bersih.

1 comment

    • Mala Andini on 15 Desember 2018 at 2:32 pm

    Reply

    Ooh trmakasih gugel ooh ia saya memelihara ikan lele baru pertama kali yaa jdy gk tau blm pegalam

Tinggalkan Balasan