Ikan Koi Tidak Mau Makan setelah Loncat dari Kolam

Untuk anda yang pernah mengalami kejadian seperti yang dialami salah seorang kenalan saya, pernah suatu kali ikan koi miliknya loncat dari kolam. Untuk kejadian yang dia alami selanjutnya, dapat anda simak dalam artikel berikut ini:

Menurut dia, bahwa kebanyakan ikan Koi yang loncat dari kolam, dikarenakan kondisi kolam yang sudah tidak nyaman lagi bagi ikan. Mungkin saja saat anda melihat kondisi airnya tetap bening dan jernih seperti biasanya, bahkan semua pompa dan tempat penyaringan masih bekerja dengan baik, tetapi yang harus anda tahu bahwa kondisi air tidak selalu nampak dari kejernihannya. Bisa saja kandungan amoniak di dalam air tersebut sangat tinggi, sehingga membuat ikan tidak nyaman, dan akhirnya memutuskan untuk meloncat keluar dari kolam.

Selain kondisi air kolam, bisa juga ikan koi tersebut diganggu oleh ikan lain, sehingga karena ketakutan maka ikan koi tersebut memutuskan untuk meninggalkan kolam.

Cara penanganan ikan koi yang baru saja loncat dari kolam yang diajarkan kepada saya, yaitu dengan cara memasukkan ikan tersebut ke dalam kolam karantina, kemudian treatment ikan tersebut dengan menggunakan garam. Tunggu sampai kondisi ikan benar-benar pulih, baru masukkan lagi ke dalam kolam pemeliharaan.

Banyak kejadian, setelah ikan meloncat dari kolam, ikan akan mati. Hal ini terjadi karena tidak ada yang tahu saat ikan loncat, atau bisa jadi setelah ikan meloncat ada kucing yang melihatnya, lalu memakan ikan tersebut. Tetapi meskipun setelah loncat, ikan segera ditanganipun, kadang kondisnya akan segera menurun, karena stress ataupun sakit akibat loncat dari kolam. Boleh dikatakan bahwa kejadian ikan koi meloncat dari kolam sudah sering dialami oleh para penghobi.

Tinggalkan Balasan