Mengatasi Serangan Kutu yang ada di Kolam Koi

Beberapa waktu yang lalu saya mendengarkan obrolan dari pecinta koi, pada saat itu salah satu pembahasan mereka adalah soal kutu yang sering menyerang ikan koi mereka.

Menurut pendapat mereka, kutu itu selalu hidup dalam lingkungan yang kotor. Jadi, ada hubungan yang sangat erat antara tingkat kebersihan air kolam dengan jumlah serangan kutu. Sebenarnya cara yang paling mudah untuk menghilangkan kutu yaitu dengan menjaga kebersihan kolam, jika kolam bersih maka kutu tidak akan muncul, meskipun muncul biasanya jumlahnya sangat sedikit.

Banyak penghobi ikan koi yang menggunakan ikan sumatra untuk membasmi kutu yang ada di dalam kolam koi. Menurut mereka, meskipun cara ini efektif, tetapi memasukkan ikan sumatra ke dalam kolam ikan koi, malah akan merusak pemandangan kolam saja. Karena kolam sudah cantik dengan ikan koi, mengapa harus dirusak dengan hadirnya ikan sumatra.

 

Tindakan benar yang harus anda lakukan adalah memusnahkan kutu berserta telur-telurnya. Untuk obat yang bisa anda gunakan misalnya saja kutublas, Dimilin atau Masoten. Setelah kutu mati, anda harus merawat agar kondisi air kolam tetap terbebas dari kutu.

Caranya, anda bisa membungkus abate dengan menggunakan kaos kaki. Kemudian masukkan bubuk abate yang telah dibungkus kaos kaki tersebut ke dalam chamber, dan tinggal saja di sana. Nanti setiap 3 bulan sekali bubuk abate perlu ditambahkan kedalam kaos kaki di dalam chamber.

Anda harus rajin membersihkan chamber, memeriksa filter-filternya, dan pastikan bahwa kondisi kolam harus terjaga kebersihannya. Sekali lagi, bahwa tingkat kebersihan kolam akan sangat menentukan jumlah kutu yang menyerang.

Tinggalkan Balasan