Cara Menjinakkan Kambing yang Liar

Pengalaman ini diceritakan oleh seorang kenalan, dia menceritakan bahwa saat ini sudah memasuki tahun keempat dia memelihara kambing. Tetapi sejak pertama kali memelihara kambing, sampai sekarang kambing peliharaannya tidak ada yang mau jinak dan mendekat kepadanya.

Setiap kali dia mendekat, kambing-kambing miliknya selalu lari menjauh, bahkan saat memberi makanpun, kambing tersebut akan menjauh, baru setelah pemiliknya pergi, kambing-kambing tersebut mau makan.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan kondisi ini, karena yang terpenting adalah kesehatan kambing-kambingnya, yang akhirnya dapat dijual dengan harga yang tinggi nantinya. Tetapi si pemilik kambing tersebut menginginkan agar kambing miliknya bisa dekat dengan dia, seperti kambing milik orang lain.

Memang kondisi ini disebabkan oleh kesibukan dari kenalan saya ini, karena dia juga memiliki pekerjaan lain, jadi boleh dibilang, bahwa beternak kambing hanya dijadikan sebagai usaha sampingan saja. Bahkan dia datang ke kandang hanya untuk menaruh pakan saja, setelah itu ditinggal lagi.

Setelah saya mencoba bertanya kepada peternak kambing yang lebih senior, menurut pendapat dia bahwa kasih sayang dari si pemilik dapat berdampak langsung pada perilaku hewan peliharaannya. Dia juga menyarankan agar saat memberi makan kambing, usahakan agar selalu dielus-elus kepala atau janggutnya.

Biasanya, saat pertama kali dilakukan kambing akan lari, tetapi coba saja terus. Biasanya setelah beberapa kali percobaan, kambing akan mulai terbiasa dan mulai menjadi jinak kepada orang yang sering memberinya makan. Biasanya sifat kambing yang jinak seperti ini hanya akan ditunjukkan kepada pemiliknya saja, sementara saat ada orang lain mencoba masuk kandang, maka kambing tersebut tetap akan berlarian dan teriak-teriak.

Saran lain agar kambing bisa lebih cepat dekat dengan anda, yaitu anda bisa mencoba untuk melumuri tangan anda dengan menggunakan garam atau dengan kecap asin. Biasanya setelah itu kambing akan menjilati tangan anda, dan kambing akan menjadi lebih dekat. Lakukan saja cara ini beberapa kali, maka setiap kali percobaan biasanya kambing bisa menjadi lebih dekat kepada pemiliknya.

Pada saat melakukan hal ini, jangan kaget saat kambing juga sedikit menggigit tangan anda, karena itu memang kebiasaan kambing.

Mungkin bagi sebagaian orang, kedekatan pemilik dengan hewan peliharaannya bukanlah suatu hal yang penting, tetapi bagi sebagian orang lain, hal ini bisa memberikan kebahagiaan tersendiri. Jadi, hal ini memang sangat tergantung dari kepribadian pemilik kambing itu sendiri.

Tinggalkan Balasan