Memberi Sapi Betina Bunting Pakan Pabrikan Penggemuk

Sapi betina milik seorang tetangga sedang bunting, lalu dia ingin tahu apakah sapi tersebut meskipun dalam keadaan hamil, masih bisa diberi pakan konsentrat buatan pabrik untuk penggemukan sapi, atau tidak? Boleh dibilang, bahwa dia khawatir dengan penggunaan pakan konsentrat tersebut, apakah pakan tersebut nantinya bisa mengganggu proses kehamilan atau malah tidak ada efek apapun.

Pada saat itu ada salah seorang peternak lain, yang mengatakan bahwa dia masih selalu memberikan sapi miliknya dengan GEMUK A, meskipun pada saat itu sapinya sedang hamil atau tidak, dia masih sering memberi pakan tersebut pada sapinya.

Menurut dia tidak ada masalah yang berarti dengan sapinya, hanya saja tambahan dari dia, bahwa sebaiknya memang dalam memberikan pakan apapun, selalu diingat bahwa jangan sampai pakan tersebut diberikan secara berlebihan.

Jadi peternak tersebut, memberikan 2 kilogram Gemuk A untuk 10 ekor sapinya setiap kali makan. Sedangkan untuk campurannya dia bisa menggunakan bekatul merk White bren, fungsinya sama yaitu untuk menggemukkan sapi juga.

Namun demikian, ternyata ada juga peternak lain yang memberikan pakan ayam sebagai tambahan untuk penggemukan sapi. Saran saja, meskipun sapi terlihat baik-baik saja, tetapi perlu diingat bahwa pakan ayam tersebut bukanlah peruntukannya.

Saran saja, yaitu jika anda ingin menggunakan pakan ayam untuk diberikan kepada sapi, maka sebaiknya pakan tersebut direndam dulu dalam air panas, tujuannya agar biji-bijian yang terkandung di dalamnya bisa lebih lunak dan agar lebih mudah dicerna oleh lambung sapi. Pemberian pakan ayam untuk sapi seperti ini, biasanya dilakukan karena harga pakan ayam lebih murah bila dibandingkan dengan pakan sapi.

Perlu diingat bahwa ada cerita lain yang mengatakan jika pakan ayam tersebut diberikan dalam jangka waktu lama, maka bisa berdampak buruk pada kesehatan sapi. Menurut cerita tersebut, bahwa ada sapi yang sampai mengalami kelumpuhan. Karena itu, jumlah takaran setiap kali pemberian pakan harus diperhatikan.

Biasanya ukuran tubuh sapi akan menjadi lebih gemuk, ketika sudah diberikan pakan pabrikan ini, setidaknya selama 2,5 bulan, dan menurut dia bahwa waktu itu sudah terhitung cepat. Perlu diingat juga, bahwa tidak semua sapi mau diberi pakan ayam pabrikan, karena pakan ayam memiliki kandungan tepung ikan yang terlalu tinggi, sehingga menyebabkan baunya jadi sangat amis.

Dia mengatakan bahwa harga 1 sak pakan merk COMFEED yang isi 50 Kg saat itu dijual dengan harga Rp 380.000/sak.

Tinggalkan Balasan