Ayam Peliharaan Mati Mengenaskan, dengan Kondisi Kepala Terpotong

Selama beberapa waktu belakangan ini, di kandang ayam petelur milik teman saya, selalu ada ayam yang mati. Ayam tersebut mati dengan kondisi tidak wajar, semua ayam tersebut mati dengan kondisi kepala terpotong. Lalu potongan kepala ayam tersebut juga tidak ditemukan disekitar kandang. Jadi, seperti setelah dipotong, maka kepala ayamnya saja yang dibawa pergi.

Kondisi seperti ini membuat resah pemilik kandang, apalagi dalam satu malam bisa lebih dari satu ekor ayam yang mati. Kalau ditotal, kira-kira sudah 20 ekor ayam yang mati.

Beberapa teman peternak lain mengatakan, bahwa itu merupakan ciri serangan hewan. Sedangkan hewan yang menyerang bisa tikus, musang, atau juga kucing. Hal ini karena dia juga pernah mengalami hal yang sama di kandang miliknya.

Untuk serangan musang sendiri, ada banyak orang yang ragu apakah benar bahwa hewan tersebut adalah musang, karena ada juga yang menyebutnya sebagai garangan, ada juga yang menyebutnya sebagai luwak, atau juga kucing. Dan bisa juga hal ini merupakan serangan kolaborasi dari hewan-hewan tersebut.

Jangan anggap remeh jika ada tikus di sekitar kandang ayam kita. Karena serangan tikus got juga bisa menyebabkan kondisi seperti di atas.

Sebagai langkah antisipasi, mereka menyarankan agar di sekeliling kandang diberi pagar, dan pada saat malam hari di sekeliling kandang dipasangi lampu yang terang. Dengan demikian, maka kemungkinan besar hewan apapun yang memangsa ayam akan berfikir ulang jika ingin beraksi lagi.

Tinggalkan Balasan