Mengatasi Kutu pada Bulu Kambing

Seorang teman mengeluh soal kondisi kambing peliharaannya yang terkena serangan kutu, padahal menurutnya dia sudah memandikan kambing tersebut secara teratur. Jadi, dia butuh cara lain untuk bisa mengusir kutu-kutu tersebut.

Sebenarnya, teman saya ini sudah diingatkan agar memotong pendek bulu kambingnya tersebut, karena menurut beberapa saran, bahwa bulu kambing yang pendek bisa lebih aman dari serangan kutu. Tetapi, teman saya ini menolaknya, karena menurutnya jika bulu kambing tersebut dipotong, maka kambing tersebut akan terlihat jelek, dan harga jualnya nanti akan turun.

Saran dari peternak lain, bisa dicoba untuk menggunakan obat sejenis racun insektisida, untuk membasmi kutu tersebut. Merk obat tersebut adalah pastac. Sebagai informasi tambahan, bahwa obat ini tidak berbahaya bagi kambing jika terjilat. Untuk harganya sendiri sekitar Rp 15.000 / botol.

Selain obat luar, sebenarnya ada obat suntik yang cukup manjur untuk mengatasi kutu kambing. Obat ini merknya wormextin, dan harganya sekitar Rp 12.000 / pcs. Untuk cara pemakaiannya, obat ini nantinya akan disuntikan di dalam kulit, tetapi masih diluar daging. Dan orang yang menyarankan obat ini mengatakan bahwa obat ini sangat manjur untuk mengusir kutu.

Obat lain yang disarankan, yaitu menggunakan kapur ajaib yang dicampur dengan detergen. Cara ini, juga dijamin efektif untuk mengusir kutu pada kambing. Hanya saja, jika memang tidak tega untuk menggunakan detergen, maka bisa juga detergen tersebut diganti menggunakan sampo. Malah jika menggunakan sampo, maka kambing tersebut akan lebih wangi. Untuk merk sampo atau detergennya terserah pada pemilik kambing itu sendiri.

Jadi, setelah seluruh tubuh kambing selesai dibalur dengan campuran kapur ajaib dan detergen, maka diamkan dulu sejenak setidaknya selama 5 menit, agar kutunya pergi atau mati. Baru setelah itu kambing bisa dibilas dengan menggunakan air bersih.

Tinggalkan Balasan