Mengatasi Kerontokan pada Bulu Kucing

Cara merawat bulu kucing yang rontok ini, saya dapatkan ketika mengikuti teman, yang mengajari seorang pecinta kucing pemula. Jadi ceritanya, pada saat itu pemilik kucing ini, baru saja membeli kucing baru yang cukup mahal. Tetapi karena salah perawatan, maka bulu kucing tersebut menjadi rontok dan terlihat botak di beberapa bagian.

Hal pertama yang dia ajarkan, yaitu soal penyebab bulu kucing rontok, bisa terjadi karena bebeberapa faktor, dan bisa juga karena gabungan dari beberapa faktor tersebut. Penyebab yang pertama adalah karena faktor makanannya, dan yang kedua karena kucing tersebut sedang birahi.

Usahakan agar pakan yang diberikan kepada kucing, adalah jenis pakan yang kualitasnya bagus, misalnya saja merk Royal canin, Equilobrio, Proplan. Tetapi jika memang kondisi keuangan sedang sulit, maka bisa juga menggunakan Minino Tina atau Minino Plus, karena pakan ini bisa digunakan mulai anakan sampai dewasa.

Untuk menjaga agar bulu kucing tersebut tetap bagus, maka kucing harus diberi vitamin ikan (bentuknya seperti softgell, mirip seperti vitamin rambut eclips), atau bisa juga menggunakan vitamin anabion. Tetapi memang yang paling bagus jika menggunakan vitamin ikan, Berikan vitamin tersebut satu hari satu kali.

Beberapa menu pantangan, yang tidak boleh diberikan pada kucing, misalnya kucing jangan diberi menu nasi, juga jangan diberi makan coklat. Jika ingin memberikan menu ikan, jangan pernah memberikan menu ikan asin kepada kucing, lebih baik jika memberikan menu ikan tongkol yang dikukus.

Selain itu, juga jangan memberikan menu yang mengandung putih telur, dan jangan memberikan putih telur dalam bentuk apapun kepada kucing. Menu lain yang juga jangan diberikan kepada kucing adalah tempe kukus, karena tempe kukus ternyata bisa menyebabkan batu ginjal atau struvit pada kucing, terutama sekali pada kucing jantan.

Tinggalkan Balasan