Harga Bibit & Harga Jual Ikan Gabus

Di Indonesia ikan gabus memiliki banyak nama, bahkan mungkin di setiap daerah nama ikan gabus bisa berbeda-beda. Misalnya saja ada yang menyebutnya dengan sebutan kutuk, atau mungkin yang lebih sering saya dengar orang menyebutnya sebagai ikan haruan, dan masih banyak nama lainnya lagi.

Keunggulan ikan gabus yang sering dibicarakan dan dipercaya oleh orang yang ada di daerah saya, yaitu ikan gabus memiliki khasiat mirip seperti obat, yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka pasca operasi. Keunggulan lain dari ikan gabus, terletak pada rasa dagingnya yang tidak kalah enak seperti jenis ikan yang lain.

Karena potensi pasar yang cukup menjanjikan tersebut, maka sekarang banyak peternak ikan air tawar yang mulai mencoba untuk membudidayakan ikan gabus. Dan salah seorang teman saya, yang menjadi peternak ikan gabus, memberi tahu soal harga jual bibit ikan gabus yang dia jual.

Harga jual ikan gabus :

NoKeteranganHarga
1Pembelian 100 ekorRp    100.000
2Pembelian 500 ekorRp    450.000
3Pembelian 1.000 ekorRp    900.000
4Pembelian 2.000 ekorRp 1.600.000

 

Selain menjual bibit ikan gabus, teman saya juga menjual ikan gabus ukuran siap konsumsi, yaitu dalam 1 Kg berisi 2 – 5 ekor ikan, atau jika anda memiliki permintaan soal berat ikan tersebut, maka hal itu juga bisa dipenuhi.

Biasanya teman saya menjual ikan gabus dalam bentuk siap makan, yaitu ikan sudah dibersihkan dari isi perutnya, sehingga saat ikan datang, maka bisa langsung diberi bumbu dan dimasak sesuai selera.

Hanya saja waktu saya tanyakan apakah juga menyediakan ikan gabus yang siap konsumsi, untuk obat pasca operasi ? Teman saya mengatakan bahwa dia saat ini masih belum menyediakannya.

Harga ikan gabus konsumsi :

NoKeteranganHarga
1Harga per-KgRp   50.000
25 KgRp 225.000
310 Kg atau lebihHarga bisa dinego

 

Teman saya ini juga menjamin, bahwa kondisi ikan yang dia jual tersebut masih sangat segar, karena ikan baru dikeluarkan dari kolam ketika akan dikirim. Selain itu pakan yang diberikan hanya menggunakan pelet buatan pabrik, tanpa menggunakan pakan yang aneh-aneh. Sehingga dari segi rasa pastinya juga akan berbeda, dan pastinya lebih segar dan sehat.

Hanya saja untuk ongkos kirim, teman saya masih belum bisa banyak bercerita, karena memang harus melihat jarak ke lokasi tujuan. Selain itu besaran ongkos kirim juga sangat tergantung dari banyaknya jumlah pesanan.

2 comments

    • Amry on 13 Maret 2018 at 8:36 am

    Reply

    Dimana saya bisa mendapatkan benih ikan gabus..?

      • Remi on 14 Maret 2018 at 3:55 am
      • Author

      Reply

      Mohon maaf untuk saat ini saya masih belum bisa memberikan no kontaknya, karena masih belum melakukan konfirmasi kepada yang bersangkutan.

Tinggalkan Balasan