Harga Anakan Ayam dan Anakan Bebek

Untuk anda yang ingin memulai beternak ayam dan bebek, mungkin sebaiknya anda melihat dulu harga anakan ayam dan bebek yang saya berikan ini. Sebenarnya harga anakan ini diberikan oleh seorang teman yang memang berprofesi sebagai supliyer anakan ayam dan bebek.

Setidaknya dengan mengetahui harga anakan ayam dan bebek, maka anda dapat menghitung modal yang dibutuhkan untuk memulai beternak ayam dan bebek.

Harga DOD (Day Old Duck) dan DOC (Day Old Chicken) :

No KeteranganHarga
1DOD bebek MojosariRp   4.500 / ekor
2DOD bebek Peking F1Rp 10.000 / ekor
3DOD bebek HibridaRp   5.500 / ekor
4DOD entog (Manila)Rp   5.000 / ekor
5DOC ayam kampung superRp   5.000 / ekor
6DOC ayam kampung asliRp   4.500 / ekor
7DOC ayam broiler/pejantanRp   5.000 / ekor
8DOC ayam WonokoyoRp   4.000 / ekor
9DOC ayam MB platinumRp   4.500 / ekor
10DOC ayam MalindoRp   4.500 / ekor
11DOC ayam phopandRp   4.000 / ekor
12DOC ayam petelurRp   5.000 / ekor

 

Beberapa orang teman yang menjadi peternak ayam petelur, mengatakan bahwa jika dia memelihara ayam petelur sejak masih kecil, maka sebenarnya akan lebih murah. bila dibandingkan dengan membeli ayam yang siap bertelur.

Menurut hitungan teman saya, bahwa jika dia membeli ayam petelur yang masih anakan, maka biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 7 juta.

Tetapi jika dia membeli ayam yang sudah siap untuk bertelur, berusia sekitar empat bulan, maka biaya yang dikeluarkan oleh teman saya sekitar Rp 70 juta. Bahkan meskipun harga anakan ayam tersebut sudah ditambah dengan biaya pakan, tetap saja akan lebih murah membeli anakan ayam, dari pada ayam yang sudah siap bertelur.

Tetapi pastinya ada waktu, tenaga dan juga konsentrasi yang harus dikeluarkan untuk merawat anakan ayam petelur tersebut sampai siap produksi, dan tentunya pasti ada anakan ayam yang mati selama proses pembesaran.

Mungkin dengan melihat perbandingan biaya yang dikeluarkan oleh teman saya tersebut, maka sangat mungkin bahwa biaya untuk membeli bibit bebek dan entog, akan lebih murah dari pada yang sudah siap produksi.

Tinggalkan Balasan