Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memelihara Chincila

Mungkin sebagian dari anda sudah mengetahui bahwa chincila adalah jenis hewan yang memiliki bulu dengan tingkat kelembutan yang sangat tinggi. Tetapi dalam memelihara chincila ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya yaitu :

Chincila termasuk hewan pengerat besar, hewan ini mampu untuk tumbuh sepanjang 30 cm dengan berat bisa mencapai 5 Kg. Karena chincila dapat tumbuh sebesar itu, maka usahakan dalam membuat kandang atau membeli kandang, agar memilih yang ukurannya besar. Yaitu untuk mengimbangi ukuran tubuh chincila yang lumayan besar tersebut.

Selain itu usahakan agar di dalam kandang chincila tersebut juga dibuat dalam bentuk tingkatan-tingkatan, hal ini karena chincila adalah jenis hewan yang sangat suka memanjat. Selain itu chincila juga termasuk hewan yang sangat aktif bergerak, karena itu ukuran kandang yang besar dan bertingkat akan dapat membuat chincila merasa nyaman.

Sedangkan untuk tempat tidur chincila di dalam kandang, sebaiknya diberikan tempat tidur berbentuk wadah tertutup yang diberi rongga, mirip seperti sarang burung. Hal ini karena dilingkungan aslinya, chincila adalah hewan yang bersarang pada rongga-rongga kayu dan pohon ataupun celah-celah batu. Sehingga bentuk tempat tidur seperti itu akan membuatnya nyaman, dan merasa aman.

Chincila juga sama seperti hewan pengerat lainnnya, yaitu gigi mereka akan terus tumbuh sepanjang hidup mereka, karena itu sebaiknya saat memelihara hewan ini, anda juga harus menyediakan mainan yang bisa digunakan untuk mengunyah, yang dapat digunakan untuk mengikir gigi-giginya yang terus tumbuh tersebut.

Untuk pemberian pakan chincila yang ada di Indonesia biasanya diberi pakan pelet sayuran, hal ini karena chincila adalah hewan herbivora (pemakan tumbuhan), selain itu chincila bisa juga diberi buah-buahan.

 

Sebagai tambahan, bahwa saat anda ingin memelihara chincila, yaitu hewan ini akan merontokkan bulunya sendiri saat merasa stress, hal ini biasanya terjadi pada saat chincila baru saja melahirkan. Biasanya chincila akan mengandung selama tiga bulan, sebelum akhirnya melahirkan.

Perlu anda ketahui juga bahwa, chincila adalah salah satu hewan yang memiliki penciuman yang sangat tajam, selain itu kumis pada chincila dapat berfungsi sebagai alat nafigasi. Mungkin seperti kumis pada kucing ataupun tikus.

Selain itu cara berjalan chincila agak berjinjit, mirip seperti kanguru, hal ini karena chincila memiliki kaki belakang yang lebih panjang dari pada kaki depannya.

Tinggalkan Balasan