Hal yang Perlu diketahui sebelum Memelihara Hamster

Hamster adalah salah satu hewan yang bersifat teritorial, sehingga mereka biasanya bertengkar jika ada hamster lain yang tidak dikenal mendekat. Dan sifat teritorial ini berlaku pada semua jenis hamster.

Perlu diingat juga untuk para penghobi hamster, bahwa hamster adalah jenis hewan yang sangat menyukai kebersihan, salah satu tandanya, yaitu hewan ini sangat menyukai yang namanya mandi. Hanya saja perlu diingatkan kepada para penghobi, untuk tidak memandikan masternya dengan menggunakan air, tetapi lebih baik disediakan pasir yang bersih dalam sebuah wadah. Karena nantinya hamster tersebut akan mandi dengan cara berguling-guling dalam pasir tersebut.

Saya kurang tahu sebabnya, tetapi ada beberapa hewan pengerat lain, yang saat terkena air waktu mereka mandi, ternyata panas tubuh mereka akan merosot dengan drastis, akibatnya mereka bisa menjadi gampang sakit. Karena itu sebaiknya kita tidak mencoba untuk memandikan hamster dengan menggunakan air dan sabun.

Tujuan dari mandi pada hamster adalah untuk menghilangkan minyak, kutu dan parasit pada bulu dan tubuh hamster. Setelah hamster selesai mandi, maka sebaiknya hamster diberikan foam atau busa, tujuannya agar pasir yang masih menempel pada bulu hamster dapat segera hilang.

Selain memandikan master secara rutin, sebenarnya serbuk kayu lama yang sudah digunakan sebagai media hidup hamster harus rajin diganti dengan menggunakan serbuk kayu yang baru. Biasanya setelah serbuk kayunya dibersihkan dan dibuang, maka wadah untuk kandang hamster sebaiknya juga disemprot dengan menggunakan cairan pembersih, setelah itu tinggal di lap saja sampai bersih.

Setelah itu kandang hamster siap untuk ditaburkan serbuk kayu yang baru, sebagai alas untuk kandang. Selain itu sebaiknya saat memasukkan serbuk kayu yang baru ke kandang hamster, sebaiknya meremas-remas dulu serbuk kayu tersebut terlebih dahulu, tujuannya agar bau pemiliknya menempel pada serbuk kayu tersebut.

Jadi, pada saat hamster tidak mencium bau pemiliknya selama dua minggu secara berturut-turut, maka dia akan menganggap pemiliknya tersebut sebagai orang asing, sehingga hamster akan menjadi liar saat didekati oleh pemiliknya tersebut. Perlu diketahui juga, yaitu meskipun memiliki bentuk hidung yang kecil, tetapi indra penciuman pada hamster sangat tajam, karena itu bau pemilik hamster sangat perlu diberikan.

Sedangkan indra penglihatan hamster sangat buruk, yaitu mereka hanya bisa melihat sejauh 15 cm, dan bahkan mereka juga buta warna. Selain itu hamster adalah salah satu hewan yang memiliki kemampuan mengingat yang bagus. Bahkan, hamster dan hewan pengerat lain, termasuk ke dalam 10 hewan terpintar di dunia

Tinggalkan Balasan