Nama Ilmiah dan Fakta Menarik Chincila

Mungkin bagi kita masih banyak yang merasa asing dengan hewan yang disebut chincila, karena memang hewan ini bukan merupakan hewan asil Indonesia, atau lebih tepatnya berasal dari pegunungan Andes di Amerika Selatan, sedangkan nama chincila diambil dari nama suku chinca, yaitu suku asli yang mendiami pegunungan Andes.

Mungkin jika dari anda belum tahu tentang chincila, maka boleh dikatakan bahwa chincila adalah hewan dengan bulu terlebat sedunia. Bulu lebat chincila, sebenarnya adalah bentuk adaptasi pada suhu lingkungan di Andes yang sangat dingin, sehingga untuk menjaga panas tubuhnya dia harus memiliki bulu yang lebat.

Perlu anda ketahui juga, bahwa chincila memiliki ± 20.000 helai rambut / cm², bahkan karena padatnya rambut tersebut, maka kutupun tidak ada yang sanggup untuk hidup pada bulu chincila. Sebagai perbandingan saja, yaitu jika pada manusia satu lubang tumbuh rambut (folikel) hanya berisi satu helai rambut, maka pada chincila satu lubang tumbuh rambut tersebut, dapat tumbuh sampai 80 helai rambut.

Mungkin kita bisa lebih dekat mengenal chincila dengan mengenal tentang nama ilmiahnya,

Nama Ilmiah Chincila yaitu :

Kingdom          : Animalia

Filum               : Chordata

Kelas               : Mammalia

Ordo                : Rodentia

Famili              : Chinchillidae

Genus              : Chinchilla

Spesies             : Brevicaudasa

 

Dan sama seperti hewan lainnya, yaitu kelebihan yang dimiliki oleh hewan tersebut, akan membuat hewan itu menjadi incaran manusia. Dan untuk kasus chincila dia memiliki bulu yang sangat lebat dan halus, maka bulu tersebut membuat dia diburu oleh manusia.

Bulu chincila kebanyakan digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan produk fashion mewah yang mahal. Karena faktor perburuan tersebut, maka membuat status chincila menjadi terancam punah. Dan secara langsung hal tersebut membuat harga jual chincila menjadi sangat mahal.

Tinggalkan Balasan