Apakah Bahaya Jika Sampai Kura-kura Sulcata Mengalami Abses atau Benjolan?

Untuk anda, yang belum tahu apa itu abses pada reptil, terutama pada kura-kura, biasanya abses ini berbentuk seperti benjolan, mungkin seperti kutil pada manusia. Lalu apakah abses ini berbahaya? jawabannya iya, ini sangat berbahaya, karena jika tidak ditangani dengan baik, maka abses ini akan menyebar ke bagian tubuh kura-kura yang lain, dan akhirnya akan berdampak fatal.

Penyebab abses itu sendiri itu, kebanyakan karena kita tidak menjaga kebersihan kandang dan kebersihan kura-kura dengan baik. Jadi, pada saat kita tidak menjaga kebersihan kandang, maka biasanya kondisi kandang menjadi lembab, dan akhirnya memicu tumbuhnya abses, pada tubuh kura-kura.

Usahakan, pada saat membersihkan kandang, gunakan juga desinfektan, agar kuman-kuman dan bakteri jahat yang ada di dalam kandang ikut mati. Lalu, pada saat anda memandikan kura-kura, usahakan agar selalu menggunakan sampo reptil yang mengandung anti bakteri juga, tujuannya jelas agar kura-kura kita bisa lebih sehat, dan terhindar dari serangan bakteri dan kuman jahat.

Lalu, apa solusinya, jika kura-kura kita sudah terkena abses? Jawabannya hanya satu, yaitu anda harus membawa kura-kura tersebut ke dokter hewan, karena memang tidak ada sesuatu hal, yang bisa kita lakukan sendiri, karena pengetahuan kita, untuk melakukan operasi, juga tidak akan sebaik dokter hewan, jadi untuk tindakan lebih amannya, sebaiknya kita bawa saja ke dokter hewan.

Jika terlambat, atau dibiarkan begitu saja, biasanya abses ini akan menyebar dengan sendirinya, ke seluruh bagian tubuh kura-kura. Jika dalam satu kandang, ada beberapa ekor kura-kura, maka sebaiknya pisahkan, kura-kura yang masih sehat dari yang sudah sakit tadi, guna tindakan pencegahan.

Kalau anda, ingin membeli produk sampo reptil, dan juga desinfektan untuk membersihkan kandang, maka anda bisa membelinya di toko online, setahu saya ada yang menjualnya. Kalau dipikir-pikir, ada benarnya pribahasa yang mengatakan, bahwa lebih baik mencegah dari pada mengobati. Jadi, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan kandang, dan kura-kura anda ya!

Tinggalkan Balasan