Karakteristik, Sejarah, pada Beberapa Jenis Ikan Cupang

Ikan cupang pertama yang akan dibahas adalah jenis plakat fancy, kata plakat pada jenis ikan cupang sebenarnya mengacu pada jenis ikan cupang aduan, sedangkan kata plakat sendiri berasal dari bahasa Thailand, yaitu asal ikan cupang aduan tersebut. Sedangkan kata fancy adalah sebutan untuk ikan cupang berwarna-warni.

Ikan cupang plakat fancy berasal dari persilangan cupang aduan dan cupang alam. Kelebihan cupang plakat yaitu memiliki warna tubuh yang lebih cerah dari pada ikan cupang lainnya.

Sebenarnya jenis ikan cupang fancy, tidak hanya jenis plakat saja, tetapi masih ada beberapa jenis lain misalnya seperti fancy crowntail. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, crowntail berarti “ekor mahkota”. Hal ini karena ikan cupang jenis ini memiliki ekor yang sangat mirip seperti mahkota.

Dan yang membuat bangga yaitu, ikan cupang crowntail adalah ikan asli budidaya orang Indonesia sendiri, dan ikan ini ditemukan pada tahun 1998. Orang Indonesia mungkin lebih mengenal cupang jenis ini sebagai ikan cupang serit, karena bentuk ekornya yang berumbai-rumbai, dan bentuknya ini mirip seperti sisir serit, atau sisir tradisional dari kayu yang biasa digunakan orang Jawa.

Jenis ikan cupang fancy berikutnya adalah fancy halfmoon, ciri fisik dari ikan cupang halfmoon terletak pada bentuk ekornya yang lebar, dan membentuk setengah lingkaran utuh tanpa bercabang-cabang, persis seperti setengah bulan. Ikan ini pertama kali dibudidayakan di Amerika.

Selain dijadikan sebagai ikan hias, ada juga ikan cupang yang memang dipersiapkan untuk dijadikan sebagai ikan aduan.

Kebanyakan ikan cupang memiliki bentuk tubuh yang hampir sama, tetapi untuk ikan cupang jenis plakat memiliki ukuran sirip bawah yang lebih panjang dari pada ikan cupang jenis lainnya.

Tinggalkan Balasan