Keunikan Selera Makan Kelinci

Mungkin banyak diantara para pembaca sekalian, yang menganggap bahwa kelinci adalah jenis hewan pemakan tumbuhan saja. Tetapi sebenarnya hal tersebut sekarang nampaknya tidak terlalu benar seratus persen. Karena selain memakan pakan hijauan, banyak juga orang yang mulai bereksperimen dengan pakan kelinci ini.

Misalnya saja saat ini para peternak kelinci, yang skala usahanya sudah besar, mereka enggan menggunakan pakan hijauan seperti rumput ataupun sayuran, dan mereka sekarang lebih menyukai untuk menggunakan pakan instan buatan pabrikan atau yang lebih dikenal sebagai “pelet kelinci“, oleh peternak kelinci di sekitar rumah saya.

Keunikan pakan pelet kelinci ini yaitu kelinci adalah hewan pemilih dalam makanannya, jadi ada cerita menarik bahwa saat menggunakan merk pelet kelinci A, ternyata kelinci tersebut baik-baik saja, dan saat dicoba untuk menggunakan pelet kelinci B yang kualitasnya sama baiknya, ternyata kelinci tersebut tetap suka dan tidak ada anakan kelinci yang mati.

Tetapi ketika merk B tidak tersedia di toko pakan, dan yang ada hanya merk A saja, ternyata saat diberikan ke kelinci, malah beberapa ekor anakan kelinci langsung mati, dan gejala kematiannya seperti terkena kembung. Dan ada juga anakan yang sebelum mati mengalami mencret. Meskipun secara kualitas kedua pelet tersebut sama, tetapi ternyata kelinci sangat rentan terhadap pergantian merk pakan.

 

Ada cerita lain lagi dari salah seorang teman, dia mencoba untuk memelihara kelinci di rumahnya, dan dia biasa memberikan sayuran hijau kepada kelincinya tersebut. Tetapi karena ingin berlibur beberapa hari ke luar kota, karena takut kelincinya kelaparan, maka dia memberikan roti tawar gandum, merk Sari Roti.

Dan saat dia kembali dari liburannya, ternyata kelinci tersebut sudah tidak mau lagi diberi pakan sayur, dan dia hanya mau diberi makan roti tawar gandum tersebut saja. Karena merasa berat di ongkos jika memberi pakan roti tawar, maka teman saya ini akhirnya memutuskan untuk menyembelih kelinci tersebut, dan menggantinya dengan kelinci yang baru.

 

Bahkan banyak cerita dari para peternak kelinci yang mengatakan bahwa tidak semua jenis tanaman hijau bisa dimakan oleh kelinci, dan hanya beberapa jenis saja yang aman, bahkan jika kita sampai salah memberikan menu makanan, maka bisa jadi kelinci kita akan mati.

Tinggalkan Balasan