Memberikan Yakult pada Kolam Ikan Koi

Beberapa waktu yang lalu ada salah seorang teman pemula, yang bermaksud untuk menambah jumlah bakteri baik yang ada di dalam kolam ikan koi miliknya, dengan menggunakan minuman probiotik dengan merk yakult. Karena menurut dia bahwa minuman ini mengandung bakteri baik yang bisa membantu pencernaan manusia, sehingga dia berfikir, bahwa siapa tahu jika dimasukkan ke dalam kolam ikan koi, maka dapat membantu proses pencernaan ikan.

Pada saat percobaan tersebut, dia hanya menggunakan satu botol yakult saja, untuk dimasukkan ke dalam kolam. Yang terjadi kemudian, malah air kolamnya berubah menjadi keruh. Lalu setelah air kolam menjadi keruh, ikan koi yang ada di dalam kolam mulai meloncat kuluar, sehingga setelah itu banyak ikan yang mati.

Banyak teman lain yang lebih ahli, mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh teman saya ini adalah sesuatu hal yang bodoh, dan terlalu gegabah. Karena menggunakan kolam yang sudah diisi ikan koi sebagai bahan percobaannya. Mungkin pada saat dia bercerita, ikan yang dia punya memang belum ada yang mati, tetapi beberapa ikan sudah mulai tidak nyaman dengan kondisi air kolam, sehingga mereka mulai meloncat keluar dari kolam.

Sebenarnya jika ingin menambah bakteri baik di dalam kolam, kita bisa menggunakan produk dari Em4, yang sudah banyak dijual di toko-toko perlengkapan ikan. Jika tidak, produk sejenis itu juga sudah banyak dijual, di toko penjual perlengkapan ikan.

Dan jika ingin menjaga kesehatan ikan, maka kita bisa menggunakan bawang putih. Karena bawang putih dapat membantu ikan untuk dapat mencerna makanannya dengan lebih baik. Selain itu bawang yang kita geprek dan kita masukkan ke dalam kolam, dapat masuk ke dalam insang ikan koi, dengan cara ini bawang putih dapat melindungi insang ikan dari serangan jamur. Bahkan bawang yang dimasukkan ke dalam kolam dapat mencegah serangan kutu ke badan ikan.

3 comments

  1. Reply

    o.O :))))))

    • Jeff on 17 Desember 2019 at 1:09 pm

    Reply

    Di cerita ini anda mengatakan ada orang yang memasukkan yakult ke kolam,kemudian kolam menjadi keruh,ikan banyak yang loncat keluar sehingga banyak koi yang mati.
    Lalu kemudian anda mengatakan “Mungkin pada saat dia bercerita, ikan yang dia punya memang belum ada yang mati, tetapi beberapa ikan sudah mulai tidak nyaman dengan kondisi air kolam, sehingga mereka mulai meloncat keluar dari kolam.”

    Jadi bagaimana ceita yang sebenarnya? Banyak koi yang mati,lalu kemudian belum ada yang mati.

      • Remi on 7 Januari 2020 at 5:25 am
      • Author

      Reply

      Terima kasih atas koreksinya, yang saya maksudkan di sini bahwa ikan menjadi tidak nyaman setelah diberikan yakult, lalu loncat keluar, akibat dari loncat dari kolam tersebut maka ikan menjadi mati. Mohon maaf jika tulisan saya membuat pembaca sekalian menjadi bingung.

Tinggalkan Balasan