Jenis Siput yang Muncul Tiba-tiba di Kolam

Sejak setahun terakhir ini, di dalam kolam ikan milik saya, muncul sejenis siput. Untuk jenis dan nama dari siput ini sendiri, saya masih belum tahu. Lalu saya mencoba untuk bertanya kepada beberapa orang peternak ikan, yang ada di sekitar rumah saya, dan ternyata di kolam budidaya milik mereka juga muncul siput-siput jenis ini, dan ternyata mereka juga sama seperti saya, tidak tahu nama dan jenis siputnya.

Yang menarik dari siput ini, adalah tingkat perkembang biakannya yang cukup cepat, sedangkan untuk telur dari siputnya, saya sering melihat bahwa telurnya diletakkan pada tanaman air yang mengambang di permukaan kolam. Hanya saja, sampai sekarang saya tidak tahu apakah siput ini jantan dan betina, ataukah dalam berkembang biak mereka merupakan jenis hewan hemaprodit, artinya jantan dan betinanya ada dalam satu individu.

Menurut saya siput ini adalah jenis yang menarik, karena mereka dapat bergerak sangat cepat, ketika berada di dalam air, dan mulai melambat ketika berada di luar air, bahkan mereka cenderung tidak bergerak ketika berada di luar air. Tetapi mereka sepertinya selalu menempel di dinding, pada bagian garis permukaan air, sehingga memudahkan saya untuk menangkapnya. Selain itu saya juga tidak pernah menemukan siput ini berada jauh dari kolam, sepertinya ketergantungan mereka terhadap air cukup tinggi.

Karena jumlah siput ini dapat menjadi sangat banyak, maka saya mencoba untuk membasminya dengan membunuh siput-siput ini, tetapi ternyata siput ini tidak beracun seperti siput bekecot dan teman-temannya yang lain, yang juga banyak di sekitar rumah saya.

Setelah tahu bahwa siput ini tidak beracun, maka selanjutnya siput ini tidak lagi saya bunuh begitu saja, tetapi saat akan membunuhnya, saya akan berikannya kepada ikan peliharaan yang lain. Bahkan, lendir dari tubuh siput ini juga cukup disukai oleh ikan, berbeda dengan siput lain yang lendirnya cukup beracun untuk hewan lain.

Sebenarnya siput ini memiliki cangkang yang cukup keras, sehingga ikan, tidak bisa memakan siputnya jika cangkangnya tidak dihancurkan terlebih dahulu. Karena itu saya sering membantu ikan-ikan tersebut untuk menghacurkan cangkangnya, agar ikan dapat memakan isinya. Sepertinya hampir semua ikan saya, menyukai siput ini, mulai dari ikan lele sampai hampir semua jenis ikan hias yang saya miliki.

Untuk pakan dari siput ini sendiri saya tidak tahu, tetapi yang saya amati bahwa siput ini dapat tumbuh besar, dan juga berkembang biak di kolam ikan milik saja, secara begitu saja tanpa ada yang merawatnya. Jika jumlah siput ini sedang banyak-banyaknya, maka siput tersebut saya gunakan sebagai pakan tambahan, dan ternyata jumlah yang banyak itu dapat mengurangi penggunaan pelet secara signifikan.

Tinggalkan Balasan