Memandikan Ular di dalam Kolam Ikan

Ular adalah salah satu jenis hewan piaraan yang harus rajin dimandikan, karena menurut pengalaman dari seorang teman yang menjadi penghobi ular, ternyata ular akan mengeluarkan bau yang tidak sedap, jadi untuk menghilangkan bau tersebut, ular harus rajin dimandikan setiap beberapa waktu sekali, secara teratur.

Tetapi jika saya menemukan ular liar di sekitar kebun, saya tidak pernah mencium bau menyengat yang tidak enak dari ular liar tersebut. Jadi, sepertinya ular liar yang tidak dipelihara manusia, mereka akan mengetahui kapan mereka harus mandi, dan kapan mereka harus menyembunyikan bau tubuh mereka.

Berbeda dengan ular yang dipelihara oleh manusia, mereka sangat terbatas gerakannya, bahkan di kandang mereka juga tidak bisa terlalu bebas melakukan aktifitas. Apalagi dengan menu makanan yang monoton, sepertinya juga ikut ambil bagian dalam menimbulkan bau yang tidak sedap.

Hanya saja media untuk memandikan ular tersebut tidak semua penghobi memilikinya. Dan saya mendapat cerita menarik dari seorang teman, dia adalah penghobi ular, entah karena malas atau memang karena dia tidak memiliki tempat untuk memandikan ular miliknya, akhirnya dia menggunakan kolam ikan miliknya, untuk memandikan ular peliharaannya.

Untuk ular yang dia pelihara memang terdiri dari beberapa jenis, yaitu dari jenis ular pyton / sanca dan yang satunya lagi dari jenis ular kobra. Sedangkan jumlah ularnya saya kurang tahu, tetapi jika dilihat dari jumlah kandangnya, maka ular yang dia pelihara bisa beberapa ekor jumlahnya.

Teman saya ini bercerita, bahwa jika yang dimandikan di dalam kolam ikan adalah jenis ular pyton, maka sepertinya hal tersebut cukup aman-aman saja, baik untuk ularnya maupun juga untuk ikan yang ada di dalam kolam, dan kedua-duanya bisa akur, bahkan belum ada insiden apapun selama ini.

Tetapi yang menjadi masalah ketika teman saya ini memandikan ular kobra miliknya di dalam kolam ikan, karena ular kobra adalah jenis ular berbisa, sehingga saat dimandikan di dalam kolam, ular ini bisa membuat banyak busa, sehingga dapat membuat air kolam menjadi kotor dan keruh.

Teman saya ini juga mengatakan bahwa ular kobra tampaknya sangat agresif terhadap apapun yang mendekat kepadanya, teman saya juga tidak tahu apakah ini naluri dari ular berbisa atau tidak. Tetapi yang terjadi ketika ada ikan di dalam kolam yang merasa penasaran, dengan kobra yang mandi di kolam mereka, biasanya ikan-ikan tersebut akan mencoba untuk berenang mendekat.

Yang dilakukan ular kobra tersebut ternyata dia menyerang dengan ganas ikan-ikan yang mendekat tersebut, bahkan ada ikan yang sampai mengalami luka robek pada bagian tubuhnya.

Ternyata yang jadi masalah adalah jenis ikannya, karena jika ikan yang ada di kolam tersebut adalah jenis komet yang murah meriah, mungkin hal tersebut tidak akan jadi masalah, tetapi ketika yang di kolam tersebut adalah jenis ikan koi, maka pastinya kematian ikan seperti itu bisa menjadi kerugian besar bagi peternak.

Karena itu teman saya ini, menyarankan kepada yang lain yaitu jika ingin memandikan ular di dalam kolam ikan maka sebaiknya hanya jenis ular pyton saja, dan sebaiknya tidak memandikan jenis ular kobra atau ular berbisa lainnya.

Tinggalkan Balasan