Perhitungan Luas Kolam dengan Kapasitas Pompa pada Kolam Ikan Koi

Seperti kita tahu bahwa kebersihan air dalam kolam pemeliharaan ikan koi, adalah salah satu point yang paling penting. Karena itu kebersihannya harus selalu kita jaga, sehingga penggunaan pompa dan ruang filter harus kita perhitungkan semua kapasitasnya. Karena keduanya adalah alat yang berperan dalam melakukan pembersihan air kolam.

Pertama untuk memperhitungkan volume air di dalam kolam, maka jika kolam kita berbentuk persegi ataupun persegi panjang. Rumus yang digunakan adalah : panjang x lebar x tinggi air. Misalkan saja panjang kolam 2 m, lebarnya 1 m, dan tinggi air di kolam adalah 0,8 m. Maka volume air yang ada di dalam kolam adalah 1,6 m³ dan karena 1 liter air sama dengan 1 dm³, maka volume air di dalam kolam adalah 1.600 liter.

Satu catatan penting, bahwa jika kolam kita tidak berbentuk persegi, persegi pajang, atau lingkaran, misalkan saja berbentuk abstrak maka untuk memperhitungkan volume air kolam, maka kita bisa memperkirakan luas permukaan air dikalikan ketinggianya (L alas x t). Cara ini memang tidak terlalu akurat hasilnya karena permukaan kolam yang sulit dihitung, hanya saja cara ini bisa digunakan sebagai perkiraan saja.

Lalu untuk menentukan kekuatan pompa yang digunakan pada kolam ikan koi, maka ada seorang teman penghobi ikan koi, dia mengatakan bahwa kekuatan pompa yang digunakan setidaknya harus empat kali lebih besar dari pada volume air di dalam kolam. Jadi, seumpama kapasitas air di dalam kolam kita adalah 1.600 liter, maka pompa yang harus kita gunakan adalah yang berkekuatan 6.000 liter / jam atau lebih.

Jika, kekuatan pompa yang kita gunakan memiliki kapasitas empat kali lebih besar dari pada volume air di dalam kolam, maka kira-kira dalam satu jam air di dalam kolam tersebut akan disaring / difilter sebanyak empat kali. Dan untuk budidaya ikan koi, pembersihan airnya sudah cukup bersih, dan sudah bisa membuat ikan tumbuh dengan sehat.

Tetapi untuk ukuran pompa yang paling kecil (minimalnya) yang dapat digunakan adalah yang memiliki kekuatan dua kali volume kolam, jadi jika volume air di kolam adalah 1.600 liter, maka kekuatan pompa minimalnya adalah yang berkekuatan 3.000 l / jam. Jadi kira-kira dalam satu jam, air yang ada di dalam kolam akan disaring sebanyak dua kali, tetapi menurut beberapa orang, ukuran ini terkadang masih kurang maksimal untuk membersihkan kotoran.

 

Sedangkan untuk untuk menentukan Volume ruang filter, maka kita harus mempersiapkan ruang dengan luas minimal 30% dari volume air kolam. Jadi, jika kira-kira volume kolam adalah 1.600 liter, maka volume ruang filter yang harus kita siapkan adalah 500 liter.

Mungkin ruang vilter ini tidak perlu dibuat dalam satu bentuk yang besar, tetapi bisa ditumpuk, dari beberapa bagian yang lebih kecil, tetapi usahakan jika ditotal maka kapasitas totalnya berjumlah 30% dari volume keseluruhannya.

Tujuan dari penyiapan ruang filter yang 30% dari kapasitas air kolam, yaitu agar filter tersebut dapat menampung air yang cukup banyak, sehingga proses pembersihannya dapat berlangsung dengan baik, dan sebenarnya ini juga menyesuaikan dengan kekuatan pompa air yang kita gunakan.

2 comments

  1. Reply

    makasih sangat membantu

      • Remi on 28 Februari 2018 at 4:02 am
      • Author

      Reply

      Terima Kasih

Tinggalkan Balasan