Harga Bibit Lele

Setelah lebaran kemarin, banyak peternak lele yang habis-habisan menjual hasil panen lelenya, jadi sekarang adalah waktu dimana hampir semua peternak pembesaran lele mulai untuk menebar benih lagi. Dan yang jadi masalah adalah bahwa hampir semua peternak juga melakukan hal yang sama pada waktu yang sama, sehingga yang terjadi sekarang adalah banyak peternak bibit yang kewalahan dalam memenuhi pesanan bibit lele. Bahkan selama beberapa waktu ini saya selalu kehabisan bibit saat akan mengambil bibit, dan kalaupun ada ternyata sudah dipesan orang.

bibit ikan lele dalam baskom

Bahkan kemarin kakak saya sampai mengambil bibit lele yang kurang sehat, yaitu bibit tersebut mengalami putus pada kumisnya, dan penjualnya mengatakan bahwa hal itu tidak apa-apa karena masih kecil karena akan tumbuh lagi, hal ini dilakukan karena memang sangat sulit untuk mendapatkan bibit lele. Tetapi yang terjadi saat sampai di rumah adalah banyak dari bibit-bibit tersebut yang mati, gejalanya adalah bibit tersebut malas untuk bergerak, dan nafsu makannya hilang, baru setelah itu bibit tersebut akan segera mati.

Menurut beberapa penjual bibit lele kejadian putusnya sungut bibit lele ini terjadi karena suhu udara di malam hari yang sangat dingin, karena bibit lele ini masih sangat rapuh dan tidak dapat bertahan, makase sungutnya menjadi putus.

Karena hal tersebut maka kakak saya harus bekerja ekstra untuk dapat mempertahankan agar bibit tersebut tidak mengalami kematian yang lebih parah. Cara yang digunakan oleh kakak saya adalah dengan menutup kolam bibit tersebut pada malam hari dan pada pagi harinya penutup tersebut dibuka, hal ini dilakukan agar udara di malam hari tidak masuk ke dalam kolam sehingga suhu air di dalam kolam dapat terjaga, lalu pada pagi hari penutup kolam di buka agar suhu air di dalam kolam dapat meningkat karena panas sinar matahari.

Dan ternyata cara ini cukup berhasil, karena sekarang bibit-bibit tersebut sudah mulai lincah kembali dan nafsu makannya juga sudah mulai muncul lagi, dan tingkat kematiannyapun juga sudah dapat ditekan. Hanya saja yang pasti  untuk beberapa hari ke depan adalah waktu yang paling menentukan apakah cara ini sudah berhasil atau gagal.

Untuk harga bibit lele yang saya dapatkan pada bulan Agustus 2016, untuk di daerah Malang adalah:

Harga Bibit Lele

NoUkuranHarga
11-2 cmRp     70/ekor
23-4 cmRp   100/ekor
34-5 cmRp   130/ekor
46-7 cmRp   150/ekor

 

Hanya saja untuk saat ini banyak peternak bibit lele yang sudah tidak menjual bibit lele jenis sangkuriang, hal ini karena peternak bibit terseubut mendapat banyak sekali komplain dari peternak pembesaran lele, karena kualitas dari lelenya yang sudah tidak sebagus dulu lagi. Akhirnya para peternak bibit tersebut mengambil kesimpulan bahwa indukan yang dihasilkan dari anakan yang sudah ke sekian generasi, ternyata sudah tidak dapat lagi mengikuti sifat unggul dari induk mereka yang pertama-tama dulu.

Hasil yang didapat adalah bahwa tingkat produktifitas anakan lele jenis sangkuriang saat ini sudah tidak lagi tahan terhadap penyakit dan perubahan cuaca mendadak, sehingga tingkat kematiannya menjadi tinggi dan juga tingkat pertumbuhannya yang melambat membuat biaya perawatan menjadi membengkak.

Untuk di daerah saya sekarang ada varietas benih lele baru yaitu dari jenis lele mutiara, saya baru tahu ada lele jenis ini kemarin saat akan melakukan pembelian bibit. Menurut penjualnya bibit lele jenis ini lebih tahan terhadap perubahan cuaca yang mendadak, dan katanya lagi bahwa bibit lele jenis ini juga lebih tahan terhadap serangan penyakit, jadi tingkat kematiannya akan menjadi kecil dan produktifitasnya dapat ditingkatkan. Tetapi, bagaimanapun juga hal ini adalah perkataan dari penjualnya saja, dan saya masih belum dapat membuktikan soal kebenarannya.

Maka dari itu mungkin saat sudah melakukan panen pertama lele ini nanti, saya akan coba untuk memberikan ulasannya kembali, tentang bagaimana kualitas dari bibit lele jenis mutiara ini.

    • Dony on 19 Agustus 2016 at 8:40 am

    Reply

    Pak bisa minta no. kontaknya? Sy ingin belajar pembesaran ikan lele atau nila. Tks

      • Remi on 20 Agustus 2016 at 10:54 am
      • Author

      Reply

      Mungkin sekarang bisa hubungi saya di email [email protected]

    • Fauzi on 29 Januari 2017 at 6:29 pm

    Reply

    Pak Bisa Minta No Kontaknya

      • Remi on 30 Januari 2017 at 7:29 am
      • Author

      Reply

      akan saya kirim pada alamat email bapak

    • handri satria on 22 Juli 2017 at 7:03 pm

    Reply

    Klo ingin memesan gmna cara nya

      • Remi on 23 Juli 2017 at 5:47 pm
      • Author

      Reply

      Maaf mas, saya hanya berbagi soal harga bibit lele yang saya beli. Dan saya tidak jualan bibit lele

  1. Reply

    Beli bibitnya diderah mana ya mas ?

      • Remi on 10 Desember 2017 at 4:39 am
      • Author

      Reply

      Kalau saya dari Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dan untuk mengambil bibitnya paling banyak saya mengambilnya di daerah Kepanjen, Kab.Malang.

Tinggalkan Balasan