Proses Pembuatan Nauget Ayam di Pabrik

Setelah membaca artikel sebelumnya tentang memproses ayam utuh menjadi ayam beku siap jual, maka saat ini kita akan membahas tentang proses pembuatan nauget ayam. Tentu saja bahwa bahan baku nauget ayam ini adalah daging ayam itu sendiri, jadi ayam yang baru saja di panen dari kandang akan dibawa ke pabrik pengolahannya.

Daging ayam segar yang sudah dipotong-potong dan yang sudah terbebas dari tulang, akan dihaluskan dengan menggunakan mesin. Setelah itu pabrik akan mulai membuat adonan naugetnya, isinya terdiri dari daging ayam giling tadi dan berbagai macam bumbu.

Adonan nauget yang sedang dicampur ini nantinya akan ditambah lagi dengan menggunakan daging ayam yang digiling kasar, baik itu suwiran ataupun potongan daging ayam. Tujuannya agar nauget yang dihasilkan tidak terlalu lembut sekali.

Pada saat proses penggilingan sudah hampir selesai, adonan perlu disemprot dengan menggunakan nitrogen cair, tujuannya agar adonan menjadi beku dan lebih mudah dicetak. Selanjutnya adonan akan dicetak dengang menggunakan mesin. Untuk bentuknya sendiri bisa bermacam-macam, tergantung dari keinginan pabrik yang membuatnya. Bisa bentuk huruf, binatang, dinosaurus, ataupun bentuk-bentuk lucu lainnya.

Selanjutnya adonan yang sudah dicetak akan dibalur dengan adonan basah, tujuannya untuk memudahkan nauget dibalur dengan tepung roti nantinya. Selanjutnya naget akan langsung dibalur dengan tepung roti. Fungsi dari tepung roti itu sendiri, yaitu untuk membuat rasa nauget yang dihasilkan nantinya agar menjadi renyah, tepung roti juga akan membuat nauget menjadi cepat matang saat digoreng, tepung roti juga akan membuat nauget tidak menyerap minyak tidak terlalu banyak saat proses penggorengan.

Setelah itu nauget akan dibuat matang dengan cara digoreng, dan proses penggorengan ini nantinya akan berlangsung sebanyak dua kali. Proses penggorengan yang pertama akan berlangsung selama 15 detik, sedangkan proses penggorengan kedua akan berlangsung selama 48 detik.

Selesai digoreng, maka naget akan langsung dibekukan, tujuannya agar naget dapat tahan lama saat disimpan di lemari pendingin, setidaknya dengan cara ini maka nauget bisa tahan disimpan selama setahun. Dari tempat penyimpanan, nauget siap menunggu untuk didistribusikan.

Tinggalkan Balasan