Ramuan untuk Mengobati Penyakit Unggas

Boleh dikatakan bahwa penyakit unggas memang banyak, tetapi salah seorang kenalan, mengatakan jika anda membuat ramuan yang dia ajarkan ini, maka bisa digunakan untuk mengobati masalah kesehatan pada ternak unggas anda.

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

NoBahanJumlah
1Jahe1 ons
2kunyit1 ons
3Temulawak1 ons
4Kencur1 ons
5Lengkuas1 ons
6Bawang Putih1 ons
7Daun sirih1 ons
8Jinten25 gram
9Em4100 ml
10Tetes / gula merah1 ons

 

Bahan no 1-8 perlu dicuci bersih dahulu, lalu diblender sampai halus. Setelah halus maka bahan tersebut perlu direbus di dalam panci dengan 10 liter air, rebus sampai mendidih. Setelah dingin saring ramuan tersebut dan campurkan tetes dan Em4 nya, jika tidak ada tetes maka bahan ini bisa diganti dengan menggunakan gula merah. Hanya saja jika anda menggunakan gula merah, maka bahan ini harus dicampurkan pada saat proses perebusan.

Setelah semua proses di atas selesai, maka masukkan ramuan tersebut ke dalam jurigen dan biarkan selama 7 hari. Setelah 7 hari maka ramuan siap untuk diminumkan ke ternak unggas anda.

Dosis untuk DOD (Day Old Duck)/bebek baru menetas, umur 1-10 hari: 5 ml/liter air minum diberikan setiap pagi dan sore. Lalu untuk kejadian luar biasa seperti saat terjadi serangan flu burung, maka setiap pagi air minum ternak diberi propolis dengan dosis setiap 10 liter air minum diberi 10-20 tetes.

Setelah unggas berumur 11 hari sampai dewasa, maka dosis pemberian ramuan ditingkatkan menjadi 10 ml/liter air minum.

 

Bahan ramuan di atas memang merupakan bumbu dapur yang sangat mudah kita jumpai, tetapi anda perlu tahu bahwa bumbu dapur tersebut ternyata memiliki kandungan anti biotik alami yang bermanfaat bagi pertumbuhan ternak dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

Ramuan tersebut juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh unggas dan meningkatkan nafsu makan. Anti biotik memang tidak dapat mengobati penyakit yang disebabkan oleh serangan virus dan bakteri, tetapi dapat mencegah penyakit tersebut sebelum muncul.

Hanya saja anti biotik kimia sudah tidak diperbolehkan lagi untuk digunakan pada hewan ternak, karena dapat mengganggu kesehatan manusia yang mengkonsumsinya. Karena itu lebih baik jika beralih menggunakan anti biotik alami.

Sebagai penutup, bahwa orang yang memberikan resep ini sudah membuktikannya dan ternyata resep ini bisa berhasil mencegah ternaknya dari serangan penyakit.

Tinggalkan Balasan