Kegunaan Arang Aktif dan Cara Mendapatkannya

Sebagai seorang peternak, kita sering kali mendapati hewan ternak yang mengalami keracunan, entah itu milik kita sendiri ataupun milik peternak lain. Memang sudah banyak obat di toko, yang dijual secara bebas untuk mengobati keracunan hewan ternak, tetapi tidak ada salahnya jika kita bisa membuat sendiri penawar racun untuk ternak kita. Obat penawar racun yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah arang aktif.

Kegunaan arang aktif yaitu sebagai penawar racun atau untuk mengobati keracunan bagi hewan ternak. Untuk mendapatkan arang aktif sendiri prosesnya cukup mudah, anda hanya perlu memanaskan arang yang sudah ada, lalu tunggu sampai panas bara apinya menjadi dingin.

Selanjutnya anda hanya tinggal menghancurkan dan menghaluskan arang tersebut, dengan cara ditumbuk, selanjutnya hasil tumbukan arang tersebut dapat disimpan sebagai persediaan untuk kondisi darurat sewaktu-waktu.

Untuk pemakaiannya, campurkan 1 takaran arang aktif ke dalam 4 takaran air atau dengan perbandingan 1:4. Kemudian tinggal minumkan saja campuran tersebut pada hewan ternak yang mengalami keracunan.

 

Alasan mengapa arang harus dipanaskan terlebih dahulu, yaitu untuk meningkatkan kemampuan arang agar dapat mengikat racun lebih efektif lagi. Lalu bagaimana cara mudah untuk mendapatkan arang yang sudah dipanaskan? Gampang, anda cukup datang ke tempat orang menjual sate, lalu anda tinggal meminta arang sisa pembakaran satenya. Arang aktif adalah arang yang berwarna hitam dan bukannya yang berwarna abu-abu (karena yang berwarna abu-abu adalah abu sisa pembakarannya).

Catatan tambahan, jika yang mengalami keracunan adalah jenis sapi atau kambing, maka dosis arang aktif yang diberikan sebaiknya ditambah, karena sapi dan kambing adalah jenis hewan besar dan memiliki dua lambung (jenis hewan rumansia). Selain itu untuk arang aktif dari batok kelapa, menurut penuturan dari beberapa orang arang aktif ini, memiliki efek yang lebih baik dari pada arang yang berasal dari kayu.

Tinggalkan Balasan