Hal yang Perlu Diketahui sebelum Memelihara Ikan Koi

Pada saat anda sedang berkunjung ke kolam pemeliharaan ikan koi, mungkin anda akan sangat merasa tertarik dengan keindahan ikan koi yang ada di sana. Dan mungkin setelah pulang, akan timbul perasaan untuk segera memiliki kolam yang mirip seperti baru saja anda lihat. Tetapi sebaiknya sebelum anda melakukan hal tersebut, anda harus tahu dulu beberapa hal tentang ikan koi.

Hal pertama yang perlu anda tahu, bahwa seorang peternak ikan koi, bisa merawat ikan yang begitu bagus, pastinya mereka sudah melalui banyak sekali proses pembelajaran, jadi bukan sesuatu hal yang instant begitu saja. Dan boleh saya katakan bahwa memelihara ikan koi adalah sesuatu hal yang sangat sulit, dan kemungkinan gagal yang sangat tinggi, bahkan hal ini tidak hanya dialami oleh peternak pemula, tetapi juga berlaku untuk peternak yang sudah berpengalaman.

Salah satu hal yang perlu anda tahu tentang ikan koi, bahwa ikan ini adalah jenis ikan yang sangat membutuhkan air yang bersih. Ikan koi juga jenis ikan yang sangat sensitif terhadap perubahan suhu, cuaca dan iklim, sehingga jika hal tersebut menjadi tidak sesuai lagi, maka ikan juga akan lebih mudah terserang penyakit ataupun kondisi kesehatannya akan memburuk, bahkan jika tidak ditangani dengan baik, maka ikan sangat beriko untuk mati.

Selain itu serangan dari beberapa hama saja, dapat berakibat fatal terhadap ikan koi ini, dan tidak jarang sampai mengakibatkan kematian. Hama yang sering menyerang ikan koi, misalnya saja dari jenis jamur dan kutu.

Anda juga perlu tahu, bahwa kebutuhan pakan ikan koi harganya mahal, karena pakan ikan koi harus memiliki kandungan gizi yang tinggi. Pemilihan pakan ini akan sangat berpengaruh terhadap warna dan kesehatan ikan. Tidak jarang beberapa teman yang sedang kesulitan uang, misalnya saja saat tanggal tua, mengeluh karena harga pakan pakan yang mahal.

Dan satu hal lagi yang paling ditakuti oleh peternak ikan koi adalah pemadaman listrik, karena jika sudah terjadi pemadaman listrik, maka dapat dipastikan semua peralatan penunjang kehidupan ikan koi tidak akan bekerja, misalnya seperti aerator, pompa listrik, filter, dan heater. Dan jika semua alat ini tidak berfungsi, maka dapat dipastikan bahwa ikan bisa mati.

Jadi, jika dilihat memang dalam memelihara ikan koi, kemungkinan ikan untuk mati, resikonya jauh lebih besar dari pada kemungkinannya untuk hidup. Karena itu sebagai saran saja, jika anda adalah seorang pemula, yang baru mau terjung untuk memelihara ikan koi, maka sebaiknya anda memulainya dengan ikan yang murah terlebih dahulu. Karena jika mati, maka anda tidak akan terlalu merasa kecewa. Baru setelah anda menjadi ahli, maka pada saat itu bisa mulai untuk memelihara ikan koi yang lebih mahal.

Sebagai pemula ada banyak hal yang perlu anda kuasai dalam budidaya ikan koi, misalnya cara mengatasi penyakit ikan, cara karantina ikan, pemasangan dan perawatan rutin filter. Selain itu sebenarnya masih banyak hal lain yang perlu dikuasai, jadi memang bukan pekerjaan yang mudah.

Hampir semua teman penghobi ikan koi sepakat, bahwa memelihara ikan koi berarti kita memelihara airnya, dan baru setelah itu air yang kita pelihara tersebut akan gatian menjaga ikan koi kita.

Tinggalkan Balasan