Pemberian Air Cucian Beras sebagai Pakan Cacing Sutra

Beberapa waktu yang lalu saya sempat melakukan uji coba untuk menggunakan air cucian beras sebagai pakan cacing sutra. Alasan saya menggunakan air cucian beras, karena saya sempat berfikir bahwa air cucian beras mengandung sari pati beras, yang akhirnya sari pati tersebut hanya untuk dibuang saja, padahal sari pati tersebut sudah berbentuk serbuk yang cukup lembut (mungkin setara dengan tepung), sehingga saya berfikir mungkin sari pati ini bisa langsung diserap oleh cacing sutra, dan bisa menjadi pakan yang baik.

Saya melakukan uji coba air beras ini kira-kira selama seminggu, dan selama seminggu itu setiap pagi saya terus memberikan air beras ke dalam media budidaya cacing sutra. Ternyata hasil dari ujicoba ini sungguh tidak baik hasilnya. Hal pertama yang saya peroleh, bahwa air yang saya gunakan untuk mengairi media budidaya menjadi keruh, dan setelah beberapa hari air tersebut mengeluarkan lendir.

Setelah beberapa hari berikutnya lagi, air tersebut semakin pekat lendirnya, dan pada saat itu airnya sudah mengeluarkan bau yang amis dan tidak sedap, dan bau tersebut sudah mulai dalam taraf mengganggu. Yang saya tidak tahu adalah apakah bau amis tersebut berasal dari air keruh media budidaya ataukah berasal dari banyaknya cacing sutra yang mati.

Pada saat saya menghentikan uji coba pemberian pakan air beras ini, ternyata cacing sutra di dalam media telah berkurang setidaknya menjadi setengahnya. Dan kebanyakan dari cacing yang masih selamat tersebut hanyalah cacing yang berukuran kecil, yang baru saja menetas. Banyak cacing yang berukuran lebih besar yang mati akibat uji coba ini.

Hasil yang saya dapatkan dari uji coba ini, adalah air cucian beras tidak dapat dijadikan sebagai pakan cacing sutra, terutama jika menggunakan sistem air yang diputar, yang baru diganti setalah beberapa waktu sekali. Mungkin pemberian air cucian beras sebagai pakan cacing sutra dapat dilakukan jika air yang mengairi media budidaya adalah air yang terus-menerus diganti dengan air yang baru. (Ini adalah opini saja, karena belum dilakukan uji coba lebih lanjut)

Tinggalkan Balasan