Harga Pisang Kepok Pakan Burung

Pisang kepok atau pisang gajih ada dua jenis atau dua macam, yaitu jenis pisang kepok merah dan juga pisang kepok putih. Untuk harga jual dari kedua pisang kepok ini memang berbeda, hal ini terkait dengan rasa yang dimiliki oleh pisang kepok itu sendiri. Jika di daerah rumah tinggal saya di Malang, maka harga pisang kepok merah memiliki harga jual yang lebih mahal jika dibandingkan dengan harga jual pisang kepok putih, karena memang pisang kepok merah memiliki rasa yang lebih enak, lebih manis dan memiliki tekstur yang lebih lembut daripada jenis pisang kepok putih.

Sama saja seperti manusia, maka burung berkicau piliharaan kita juga tahu soal rasa dan kualitas dari pakan yang kita berikan. Jadi jangan heran jika burung berkicau peliharaan anda lebih menyukai jenis pisang kepok merah dari pada jenis pisang kepok putih.

pisang kepok (4)

Di daerah saya di Malang, untuk pisang kepok merah cukup sulit untuk dibudidayakan, hal ini kaerena banyaknya hama dan juga penyakit yang menyerangnya sehingga harga jualnya pun menjadi cukup tinggi. Tetapi untuk beberapa tahun terakhir ini, di daerah sekitar rumah saya ada beberapa orang selain saya, yang cukup sukses untuk membudidayakan pisang jenis kepok merah ini. Hanya saja, yang saya kurang setuju adalah harga jual dari pisang kepok merah ini sendiri di tingkat pembudidaya yang masih sangat rendah. Memang jika dibandingkan dengan harga dari jenis pisang yang lain pisang kepok memiliki harga jual yang lebih mahal, tetapi tetap sangat murah jika dibandingkan dengan harga jual akhir di tingkat konsumen.

Saya pernah mencoba untuk menjual pisang kepok ini ke pedagang pisang yang ada di pasar, yang juga masih tetangga saya dengan harga per tandan berisi sekitar delapan sisir yang cukup besar dengan harga Rp 50.000,- dan untuk pisang lain yang ukurannya lebih kecil juga harga jualnya semakin murah saja. Tetapi yang membuat saya jengkel adalah harga jual di tingkat pedagang tersebut ternyata mencapai Rp 25.000 – Rp 35.000/sisir, bahkan jika di pedagang pakan burung harga jualnya dapat mencapai Rp 2.000/buah. Tetapi untuk pisang kepok merah dibandrol dengan harga Rp 1.000/buah.

Hal ini memang sangat tergantung dari daerah itu sendiri, karena memang Malang bukanlah daerah penghasil pisang seperti misalnya Lumajang, jadi bisa dipastikan bahwa harga pisang di Malang akan lebih mahal jika dibandingkan dengan harga di Lumajang. Karena itu harga yang saya tuliskan ini sangat spesifik untuk satu daerah saja, dan kemungkinan juga akan berubah pada daerah yang lain.

3 comments

    • Sholeh on 5 Agustus 2017 at 6:40 pm

    Reply

    Alhamdulillah, saya punya banyak stok pisang kepok merah harga 10 rb / tandan…

      • Remi on 6 Agustus 2017 at 7:28 pm
      • Author

      Reply

      Mohon dijelaskan juga pak alamat bapak dimana, agar memudahkan pembacanya. Mungkin juga kualitas pisangnya seperti apa, kok bisa murah sekali, karena pisang kepok merah sekarang di rumah saya sekitar Rp 20 – 25 rb / sisir.

      1. Reply

        Maaf mas remi bukan 10 rb / TANDAN tapi 10 rb SISIR…. Alamat di perum griya shanta inside sukarno hatta…
        untuk kualitas pisang boleh wa ke nomer saya: 085755838812…

Tinggalkan Balasan