Jenis dan daftar harga terpal

Untuk membeli plastik terpal para peternak dapat membelinya di toko bangunan, tetapi biasanya di toko bangunan tidak menyediakan plastik terpal secara lengkap, misalnya untuk ukuran dan ketebalan tertentu. Karena di toko bangunan, plastik terpal hanya digunakan sebagai barang dagangan pelengkap saja.

Jika di sekitar tempat tinggal saya ada toko yang secara khusus menjual terpal dan tali tampar, di toko tersebut plastik terpal yang dijual sangat lengkap baik dari segi ukurannya maupun juga dari segi ketebalannya, dan toko tersebut juga memiliki beberapa merk plastik terpal dari beberapa produsen. Untuk segi harganya memang sangat bervariasi sekali. Hanya saja untuk toko tersebut, menjual terpal khusus untuk penutup bak truk, karena itu saran saja bagi para peternak yang ingin menggunakan terpal jenis ini, lebih baik menggunakan plastik terpal yang agak tebal, karena jika terlalu tipis maka akan mudah lapuk, jika harus direndam air terus-menerus setiap hari selama berbulan-bulan.

plastik terpal biru

Sebagai perbandingan saja saya mendapatkan harga plastik terpal ini dari toko perlengkapan truk yang menjual terpal dan tali tampar.
Harga Terpal (menurut harga pada tanggal 17 Oktober 2015)

MeterA2 NagaA3 LumbaA3 GajahA3 PalemA5 GajahA5 GajahA7 ApelA8 TrukA10 GajahA12 TrukA14 TrukKojima
  BagongPetrukBeruangA5 Cina 5250BenuaA7 GajahA8 Gjh Afrika A12 Gjh Afrika  
 Rp 4.000,-Rp 4.550,-Rp 4.800,-Rp 5.300,-Rp 5.500,-Rp 6.500,-Rp 6.800,-Rp 7.500,-Rp 10.200,-Rp 11.500,-Rp 12.500,-Rp 25.000,-
 
2×3Rp   24.000,-Rp  27.500,-Rp  29.000,Rp 32.000,-Rp  33.000,-Rp  39.000,-Rp 41.000,-Rp  45.000,-    
3×3Rp   36.000,-Rp  41.000,-Rp  43.500,-Rp  48.000,-Rp  49.500,-Rp  58.500,-Rp  61.500,-Rp   67.500,-    
3×4Rp   48.000,-Rp 55.000,-Rp  58.000,Rp  64.000,-Rp  66.000,-Rp  78.000,-Rp  82.000,-Rp   90.000,- Rp    138.000,-  
3×5Rp  60.000,-Rp  68.500,-Rp   72.000,Rp  79.500,-Rp  82.500,-Rp 97.500,-Rp 102.000,-Rp 112.500,- Rp   172.500,-  
4×5Rp  80.000,-Rp  91.000,-Rp  96.000,Rp 106.000,-Rp 110.000,-Rp 130.000,-Rp 136.000,-Rp 150.000,- Rp   230.000,-  
4×6Rp   96.000,-Rp 109.500,-Rp 115.500,-Rp 127.500,-Rp 132.000,-Rp 156.000,-Rp 163.500,-Rp 180.000,- Rp   276.000,-  
4×7Rp 112.000,-Rp 127.500,-Rp 134.500,-Rp 148.500,-Rp 154.000,-Rp 182.000,-Rp 190.500,-Rp 210.000,- Rp   322.000,- Rp  700.000,-
5×6Rp 120.000,-Rp 136.500,-Rp 144.000,Rp 159.000,-Rp 165.000,-Rp 195.000,-Rp 204.000,-Rp 225.000,- Rp   345.000,-Rp 375.000,- 
5×7Rp 140.000,-Rp 159.500,-Rp 168.000,Rp 185.500,-Rp 192.500,-Rp 227.500,-Rp 238.000,-Rp 262.500,- Rp   402.500,-Rp 437.500,-Rp  875.000,-
5×8Rp 160.000,-Rp 182.000,-Rp 192.000,Rp 212.000,-Rp 220.000,-Rp 260.000,-Rp 272.000,-Rp 300.000,- Rp   460.000,-Rp 500.000,- 
6×7Rp 168.000,-Rp 191.000,-Rp 202.000,Rp 223.000,-Rp 231.000,-Rp 273.000,-Rp 286.000,-Rp 315.000,- Rp    483.000,-Rp 525.000,- 
6×8Rp 192.000,-Rp 218.500,-Rp 230.500,Rp 254.500,-Rp 264.000,-Rp 312.000,-Rp 326.500,-Rp 360.000,- Rp   552.000,- Rp 1.200.000,-
6×9Rp 216.000,-Rp 246.000,-Rp 259.500,Rp 286.500,-Rp 297.000,-Rp 351.000,-Rp 367.500,-Rp 405.000,- Rp   621.000,-  
6×10Rp 240.000,-Rp 273.000,-Rp 288.000,Rp 318.000,-Rp 330.000,-Rp 390.000,-Rp 408.000,-Rp 450.000,- Rp   690.000,-  
6×12Rp 288.000,-Rp 328.000,-Rp 346.000,Rp 382.000,-Rp 396.000,-Rp 468.000,-Rp 490.000,-Rp 540.000,- Rp   828.000,-  
8×10Rp 320.000,-Rp 364.000,-Rp 384.000,Rp 424.000,-Rp 440.000,-Rp 520.000,-Rp 544.000,-Rp 600.000,- Rp   920.000,-  
8×12Rp 384.000,-Rp 437.000,-Rp 461.000,Rp 509.000,-Rp 528.000,-Rp 624.000,-Rp 653.000,-Rp 720.000,-Rp 979.200,-Rp 1.104.000,-  
             

Jika memang di tempat anda ada toko yang menjual plastik terpal yang khusus untuk kolam, maka sebaiknya anda membeli terpal jenis ini. Meskipun dari segi harga, plastik terpal untuk kolam harganya lebih mahal daripada plastik terpal untuk truk, tetapi dari segi keawetannya dalam penggunaan sebagai media kolam budidaya ikan lele, maka terpal khusus kolam akan lebih tahan lama.

plastik terpal hitam

Untuk perbandingan saja di daerah saya, plastik kolam dapat di beli secara custom, yaitu dapat dipesan sesuai dengan ukuran yang diinginkan oleh pembeli. Bahkan untuk kolam yang berbentuk dasar lingkaran juga dapat di pesan di toko ini. Jika kita memesan kolam berbentuk dasar lingkaran, toko tersebut juga menyediakan anyaman besi untuk kerangka luar kolam, sehingga pembeli dapat langsung memasangnya saja di rumah.

Hanya saja untuk menambah umur kerangka besi yang sangat mudah berkarat, apalagi jika sering terkena air, maka anda dapat melapisinya kembali dengan cat besi, agar lebih awet. Tetapi kemarin saya menggunakan aspal untuk melapisi kerangka kolam, memang untuk kering memakan waktu agak lama, sekitar tiga mingguan. Tetapi saya melihat bahwa memang lebih bagus jika menggunakan cat besi.
Untuk besi yang digunakan sebagai kerangka kolam ini adalah besi ø4. Dan jika menggunakan kolam lingkaran dengan kerangka besi, maka lebih baik lagi jika memberikan pelapis pada plastik terpal yang menempel pada kerangka besi, ini juga dimaksudkan agar plastik terpal juga lebih awet dalam pemakaiannya.

    • Rizal S on 19 April 2016 at 10:32 pm

    Reply

    Wah mas, punyaku kemarin pake terpal cap gajah, di daerah malang mana mas yang jual kolam khusu untuk kolam ikan ?

      • Remi on 20 April 2016 at 9:22 am
      • Author

      Reply

      Mas Rizal, saya mohon maaf sebelumnya karena belum bisa memberikan informasi yang pasti. karena saat ini saya juga menggunakan terpal merk cap gajah A15
      tetapi saya tahu ada pabrik terpal di Malang yang khusus membuat terpal kolam, jadi harganya bisa miring.
      Jika sudah ada informasinya, akan segera saya beritahu.

    • Rizal S on 20 April 2016 at 1:12 pm

    Reply

    Dear Mas Remi,

    Oke oke mas, ki kebetulan ku kerja ndek SBY n tiap jum’at mlg plg. Pas ku cek ndek olx, ndek sby lumayan murah2, mulai jenis plastik hingga terpal plastik.

      • Remi on 21 April 2016 at 8:56 am
      • Author

      Reply

      Memang setahuku juga, untuk beberapa produk yang ada di Malang kan ngambilnya dari Surabaya. Kalau memang bisa dapat barang yang lebih murah kan lumayan bisa hemat.

        • Rizal S on 21 April 2016 at 6:44 pm

        Reply

        bener kui mas, iki aq wes terlanjur beli terpal buat persiapan kolam ke 2 ku. Pnya berapa kolam pean mas?

          • Remi on 22 April 2016 at 10:18 am
          • Author

          kalau aku masih punya 3 kolam, tapi memang di rumah ngak bisa buat produksi yang banyak, karena memang terkendala lahan yang terbatas. Jadi hanya sebatas hobi, dan penelitian aja.

          Kalau Mas Rizal apa ada rencana untuk produksi ikan lele dalam jumlah yang banyak?
          karena jika jumlah produksinya terlalu sedikit menjadi tidak ekonomis lagi

          • Rizal S on 22 April 2016 at 2:46 pm

          Kalau aku tak buat hiburan pas akhir pekan pulang ke malang. Soalnya ngasih makan lele gitu aja, rasanya adem. Mungkin kisaran 2 kolam saja, n antara 3000-5000 aja pembesarannya itu pun rencannya. di kolam awal soalnya ku isi 1400an, pnh tanya ke penjual bibit yg ada di bunul, untuk ukuran 2×4 meter cocok klo 3000an ekor. Ini, juga tertarik sbenernya sama sitem budidaya seperti boster n bioflok, tp masih bingung, mo pake system mana.

          • Remi on 23 April 2016 at 2:18 pm
          • Author

          Iya mas, sebaiknya sampean lihat dulu perkembangannya, soalnya ada beberapa teknik yang berhasil buat orang lain, tetapi kurang bagus hasilnya buat kita. Untuk belajar saran saya ngak perlu terlalu banyak dulu ngambil bibitnya, nanti pada saat sudah mahir, mas pasti bisa menentukan sendiri sistem apa yang akan dipake.
          Yang banyak terjadi di daerah rumah, kalau ada kegagal dalam budidaya biasanya membuat peternak menjadi putus asa sehingga tidak meneruskan lagi berternak lele.

          • Rizal S on 25 April 2016 at 10:02 am

          okay mas Remi, makasih sarannya. ini kemarin ku liat udah ada yang sejompolan ikanku ….hehehee

          • Remi on 25 April 2016 at 11:03 am
          • Author

          Iya mas sama-sama, dan semoga lelenya selamat sampai panen nanti. tetap semangat dan selalu hati-hati aja.

          • Rizal S on 27 April 2016 at 10:17 am

          Mas Remi, q mau tanya, tiap lele ku habis tak kuras kisaran 5 cm, eso hari ne langsung mati, n kayak e strees. padahal nguras plg cepet 1 minggu. Sebener e perlu di kuras gak yo kolam lele kui…???

          • Remi on 27 April 2016 at 2:20 pm
          • Author

          Sebenarnya waktu sampean nguras apakah apakah setelah memberi makan lelenya?
          Kalau saya untuk menguras lele, bisa 2 minggu kadang sampai 3 minggu, atau sampai kira-kira kolam lelenya sudah bau dan warna airnya keruh banget.
          kalau saya menguras kolam paling banyak 20 cm dari permukaan air asal, kadang bisa juga kalau terlalu bersih malah ikan ngak nyaman, karena ikan lele beda sama ikan nila/mujaer, yang memang butuh air yang bersih.

          • Rizal S on 28 April 2016 at 8:14 am

          aku ngurasnya sebelum memberi pakan, n biasanya pagi hari….

          • Remi on 28 April 2016 at 2:06 pm
          • Author

          Kalau begitu di coba aja mas, kalau menguras kolam ngak usah banyak-banyak air yang dibuang.
          Lalu ngurasnya kalau air kolam udah bener-bener kotor, dan ngurasnya usahakan waktu ikan dalam keadaan lapar.
          Kalau kenyang takut ikannya muntah, trus malah bisa kembung lelenya.

          Lalu ngasih makan ikannya jangan langsung setelah kolam dikuras, kasih jeda waktu beberapa jam, biar air kolamnya tenang dulu.

    • zhalax on 5 Mei 2016 at 2:33 am

    Reply

    Mohon infonya mas untuk tempat jual terpal plastik A5 di surabaya…

      • Remi on 5 Mei 2016 at 7:22 pm
      • Author

      Reply

      Maaf mas, bukannya saya tidak mau memberi tahu, tetapi saya tinggalnya di Malang, dan tidak kenal daerah Surabaya. jadi saya tidak tahu persis.
      Karena saya pesannya di toko di Malang, baru mereka yang akan carikan, saya tinggal tunggu dan bayar biayanya

        • M gufron afandi on 13 Maret 2017 at 9:48 am

        Reply

        Mas saya pemula baru ingin budidaya.mau tanya biasanya untuk pembesaran. Ketinggian kolam dan air berapa ya. Mohon bantuannya suhu.. ukuran kolam 4×6

          • Remi on 15 Maret 2017 at 6:36 am
          • Author

          Kalau anjuran dari penyuluh pertanian kemarin, katanya sih sebaiknya minimal 80 cm, yaitu untuk kondisi kolam yang terkena panas matahari secara melimpah.
          Tetapi karena kolam saya agak teduh, maka air kolam saya biasanya hanya 20 – 30 cm. Kalau ketinggian air itu tergantung dari panas tidaknya kondisi kolam.

    • nur on 23 Mei 2016 at 9:40 am

    Reply

    untuk terpal kolam.ukuran 11X13 A10 BERAPA harganya mohon infonya

      • Remi on 28 Mei 2016 at 10:35 am
      • Author

      Reply

      Kalau terpal khusus kolam dengan ketebalan A10, permeter sekitar Rp 12.500,- /harga sekarang. Dengan luas 11x13m= 143 m2 berarti perkiraan harganya Rp 1.787.500,-
      Kalau terpal biasa harganya Rp 8.750,- Jadi dengan luas 143 m2, harganya Rp 1.251.250,-
      Tetapi ukuran terpal yang dinginkan ini, bukan ukuran yang umum dijual di toko baik itu terpal biasa, apalagi untuk jenis terpal kolam, tetapi jika anda masih ingin menggunakan terpal dengan ukuran seperti ini maka sepertinya perlu melakukan pemesanan khusus.

  1. Reply

    harga terpal 3x4x1 dan harga terpal 5x4x1 jika di total brpa ya mba tanks untuk daerah lampung

    1. Reply

      harga terpal 5x4x1 dan 4x3x1 jika pengiriman ke lampung brpa ya mba

      • Remi on 2 Juni 2016 at 9:56 am
      • Author

      Reply

      Kalau yg 3x4x1 itu terpal yang perlu mas beli ukurannya 6x5m
      kalau yg 5x4x1 itu terpal yang perlu mas beli ukurannya 7x6m
      kalau harganya terpal tergantung dari ketebalan yang diinginkan, Mungkin masnya bisa komen lagi untuk ukuran ketebalan terpal yang diinginkan, biar saya hitungkan juga sekalian
      tapi saran saya kalau sudah mau pake kolam dengan luas yang sebesar ini sebaiknya gunakan terpal yang ketebalannya A10 atau diatasnya.
      kalau harga terpal di Malang, ada yang terpal truk lalu ada terpal yang khusus untuk kolam, harganya juga beda, lebih mahal untuk terpal yang khusus kolam

      kalau pengirimannya saya belum tahu berapa biayanya, tetapi bila masnya berkenan, saya bisa membantu untuk mencari tahu.

    • Romano on 22 Juni 2016 at 3:30 am

    Reply

    Boleh tanya dulu (dari hasil nyimak di atas), kalo A5 ukuran 2,5x3x1 berapa ya + ongkir ke Cinere, Depok, jawa barat.
    Kalo A10 berapa….
    Trm ksh

      • Romano on 22 Juni 2016 at 3:46 am

      Reply

      Duh…. tdk sengaja unsubscribe 🙁

      • Remi on 30 Juni 2016 at 1:22 pm
      • Author

      Reply

      kalau ukuran kolam yang masnya kehendaki seperti ini nanti ukuran terpal yang masnya butuhkan adalah 4,5x5m jadi total luasnya adalah 22,5m2, jadi untuk harga terpalnya untuk A5 Gajah Silver: Rp 123.750, untuk A5 Gajah Korea : Rp 129.375, A5 Lumba MJ : Rp 135.000, dan untuk yang terakhir A5 Apel: Rp 146,250

      Untuk yang ketebalannya A10 merk Gajah, harganya Rp 196.875
      tetapi untuk onngkir saya masih belum tahu karena biasanya hanya melayani lokal saja, tetapi kalau masnya serius saya bisa carikan. Mungkin ini yang bisa saya bantu, kalau ada kurang lebihnya saya mohon maaf.
      Atau jika ada yang masih perlu ditanyakan silahkan kirimkan saja, jika saya bisa membantu saya pasti akan membantu.

        • Romano on 3 Juli 2016 at 8:06 pm

        Reply

        Terima kasih sudah membalas. Maaf baru balas, internet habis kuota pas 2 hari lalu, jadi malas beli + kuota, toh saya pikir kuota akan pulih dalam 2 hari.
        Saya tertarik, tapi mungkin tidak dalam waktu dekat, mungkin 10 hari setelah libur raya. Blh tahu bagaimana, di link mana hubungi anda (kontak person)

          • Remi on 4 Juli 2016 at 6:32 pm
          • Author

          Masnya bisa menghubungi saya di email [email protected],

    • Fajri on 22 Juni 2016 at 10:28 pm

    Reply

    gan bisa posting lebih spesifik tentang masing-masing dari jenis terpal dan berapa lama daya tahan dari masing-masing terpal tersebut gk? saya rasa hal tersebut penting untuk diketahui oleh para pembaca blog ini khususnya yang masih awam mengenai jenis-jenis terpal dan seberapa lama daya tahannya.

    terimakasih

      • Remi on 30 Juni 2016 at 12:55 pm
      • Author

      Reply

      Kalau lebih spesifik tentang daya tahan dari masing2 terpal saya mohon maaf, karena biasanya setiap produsen akan melebih-lebihkan setiap produk mereka, tetapi menurut pengalaman saya selama ini, bahwa setiap terpal yang semakin tebal dan juga semakin mahal, biasanya memiliki tingkat keawetan yang lebih baik dari pada untuk terpal yang lebih tipis dan yang lebih murah. Jika masalah keawetan akan berbanding lurus dengan pemakaian dari masing-masing orang, jadi sangat sulit untuk digeneralisasikan. saya mohon maaf

    1. Reply

      Mas saya mau pesan dgn ukuran 13×21 kwalitas plg bagus kira2 berapa ya mas?

        • Remi on 22 Juli 2016 at 8:16 pm
        • Author

        Reply

        Cuma biasanya terpal yang mas pesan itu, bukan ukuran standart yang tersedia di toko. Jadi kalaupun bisa tetap harus pesan secara custom. Cuma kalau untuk di daerah saya, biasanya kalau hanya pesanan custom tetapi dalam jumlah yang sedikit, maka pesanan tersebut sulit untuk dilayani bahkan dipenuhi.

        Tapi perkiraan harga. untuk kualitas paling baik yang saya tahu sekitar Rp 28.000. Jadi total harganya jadi Rp 7.644.000,-

    • yon_fajri on 5 Juli 2016 at 9:32 pm

    Reply

    mas mau tnya saya..
    ini terpal nya yg bentuknya sdah langsung berbentuk kolam mas?.. jdi lgsung dletakkan saja.. tdak perlu dlipat2?

      • Remi on 12 Juli 2016 at 6:37 am
      • Author

      Reply

      Kalau untuk kolam yang berbentuk lingkaran sudah ada yang jual langsung, itu sudah termasuk terpal berbentuk lingkarannya juga, jadi tinggal dirangkai saja di rumah.
      Tetapi jika yang masnya inginkan adalah kolam berbentuk persegi dengan luas yang besar, sepertinya saya belum pernah bertemu yang menjualnya secara langsung, tetapi sebetulnya ada pengrajin terpal di sekitar rumah, yang bisa buatkan terpal seperti itu, jadi bisa langsung pasang di rumah, tetapi memang ada ongkos tambahannya.
      Itu yang membuat banyak peternak lele di sekitar rumah yang ngak pernah beli kolam terpal yang sudah jadi seperti itu, karena dirasa jatuhnya harga lebih mahal.

    • sidiq on 25 Juli 2016 at 9:30 pm

    Reply

    mas saya perlu terpal untuk kolam ukuran 1m x 0.5m x 0.3m ada Ndak ya?

      • Remi on 28 Juli 2016 at 7:22 pm
      • Author

      Reply

      maaf mas kalau untuk terpal dengan ukuran sekecil itu ngak ada yang readi, karena biasanya di toko yang ada adalah ukuran 2×3 untuk yang paling kecil.

      tetapi kalau mau beli secara custom mungkin bisa, tetapi syaratnya adalah pembelian dalam jumlah banyak, karena kalau cuma sedikit, bisa jadi butuh waktu lama untuk dilayani.

  2. Reply

    Kalo au butuh terpal yg bagus uk 5×6 dua buah sama ongkir jawa tengah kira2 total brp…?
    Trs bisa nyampe kira2 brp hari dan cara pemrsanannya gmn…

      • Remi on 1 Agustus 2016 at 6:33 pm
      • Author

      Reply

      ini ada beberapa yang bagus untuk kolam,
      Ada yang merk samsung mas, itu harga per-meternya Rp 28.000, jadi jatuhnya harga Rp 840.000/buah,
      lalu yang merk kojima, itu harga per-meternya Rp 25.000, jadi jatuhnya harga Rp 750.000/buah

      kalau ongkos kirimnya saya belum tahu, tapi kalau memang serius dan berminat saya akan carikan

    • Nuril on 18 Agustus 2016 at 8:48 pm

    Reply

    Bos terpal kolam 8×13 A7 brp kirim tulungagung

      • Remi on 20 Agustus 2016 at 10:51 am
      • Author

      Reply

      Klo di saya ukuran 8 x 13 ngak ada, mesti pesan dulu klo pesan harganya kira2 Rp 728.000, karena yang ready itu ukuran 8 x 12 Harganya Rp 630.000.

      lalu untuk ongkos kirimnya Kira2 Rp 50.000, lewat pos untuk yang tiga hari sampai

      tetapi seingat saya, untuk distributor terpal saya yang ada di Malang ini, juga ngirim terpal sampai ke Tulungagung, cuma saya tidak tahu toko mana ataupun alamat tokonya.

    • anjar on 29 Agustus 2016 at 8:37 pm

    Reply

    mas yang jual terpal khusus kolam dimana? harga brp 3×6

      • Remi on 30 Agustus 2016 at 7:29 pm
      • Author

      Reply

      klo boleh tahu mas asalnya dari mana?

      karena yang saya tahu hanya untuk di daerah Malang saja

      klo ukuran seperti itu biasanya harus custom dulu, karena tidak tersedia langsung, klo harga juga tergantung dengan ketebalan yang diinginkan. Misalkan saja klo pake ketebalan A10, maka perkiraan harganya adalah Rp 157.500,-. jadi klo ketebalannya berubah maka harganya juga akan ikut berubah.

    • Ervin on 10 September 2016 at 10:04 pm

    Reply

    Bos untuk ukuran 2,5×2,5 berapa ya. Klo boleh tau alamtnya dimana?

      • Remi on 11 September 2016 at 5:35 am
      • Author

      Reply

      Untuk yang ketebalan berapa ya mas soalnya itu juga mentukan harga jualnya. tapi harganya kira-kira klo masnya pake A10, harganya Rp 55.000,-

      cuma untuk ukuran ini ngak tersedia langsung, jadi mesti pesan, tetapi jika pesannya cuma sebuah, kelihatannya pihak produsen juga kelihatannya agak ogah-ogahan.

      Kalau rumah saya di Kabupaten Malang, Jawa Timur

    • ocank on 10 November 2016 at 5:39 pm

    Reply

    Mas remi terpal kolam ukuran 6×7 buat kolam ikan gabus berapaan yea mohon infonya

      • ocank on 10 November 2016 at 5:41 pm

      Reply

      Mas klau terpal kolam ikan gabus ukuran 6×7 berspaan yea mohon infonya

        • Remi on 10 November 2016 at 6:18 pm
        • Author

        Reply

        Maaf mas kalau terpal yang berspan seperti itu saya masih belum memiliki informasinya saat ini, tetapi jika nanti ada informasi lebih lanjut akan saya coba untuk mengabarkannya lagi. Mohon maaf sebelumnya.

      • Remi on 10 November 2016 at 6:16 pm
      • Author

      Reply

      Ini perkiraan saja ya mas, habisnya sekitar Rp 960.000,-/kolam dengan asumsi ketebalannya pakai A12. Ini adalah harga di Malang tetapi untuk luar kota pasti akan ada ongkos kirimnya.

  3. Reply

    maaf numpang nanya saya punya lahan luas nya 4×4 itu perlu terpal ukuran yang berapa ya mas,dan untuk harga terpal yg kualitas standar berapa harga nya kalo ukuran segitu mohon pencerahan nya maklum saya pemula, saya dari banjarmasin

    1. Reply

      maaf numpang nanya saya punya lahan luas nya 4×4 itu perlu terpal ukuran yang berapa ya mas,dan untuk harga terpal yg kualitas standar berapa harga nya kalo ukuran segitu mohon pencerahan nya maklum saya pemula, saya dari banjarmasin

      • Remi on 16 November 2016 at 9:38 am
      • Author

      Reply

      Kalau pakai terpal pakai terpal yang ukuran 6×6, mas bisa dapat kolam dengan ketinggian 1 meter, kalau standar sih saya biasanya pakai terpal ukuran A12. Kira2 kalau yang merk agak bagus harganya Rp 450.000 sekarang. Tapi kalau mau pakai yang merk dibawahnya atau yang ketebalannya di bawahnya pasti bisa lebih murah lagi mas.

      1. Reply

        saya kan mau bikin kolam buat ternak ikan gabus,maksud nya terpal ber span itu apa ya mas.

          • Remi on 17 November 2016 at 7:31 am
          • Author

          Maaf mas saya kurang ngerti soal terpal jenis ini, karena kurang familiar untuk di daerah kami. Jadi saya tidak dapat memberikan informasi lebih lanjut.
          Tetapi jika maksudnya adalah terpal dengan lapisan pelindung seperti sejenis gabus atau spons saya pernah tahu, tetapi yang jelas harga jualnya lebih mahal daripada harga terpal biasa.

    • David on 31 Januari 2017 at 12:12 pm

    Reply

    Selamat siang mas. Mau tanya klo terpal2 biasa yang dijual di toko bngunan untuk truk, dll bisa tahan brp lama ya? Dan saya baru akan mulai usaha lele mas, mau tanya kalau kolam 3×3 meter itu biasanya bisa muat brp ekor ya mas? Terima kasih.

      • Remi on 31 Januari 2017 at 3:30 pm
      • Author

      Reply

      Maaf mas david karena jawabannya terlalu panjang maka jawabannya saya tuliskan dalam sebuah artikel, mas bisa buka di https://ternakpedia.com/1094/jawaban-pertanyaan-kekuatan-terpal-dan-perbandingan-jumlah-lele-luas-kolam/ Terima kasih

    • Beny Rakhman on 1 Februari 2017 at 3:46 pm

    Reply

    Maaf mohon tanya terpal ukuran A8 gajah 8×10 kira2 harga brp ya

      • Remi on 2 Februari 2017 at 10:56 pm
      • Author

      Reply

      Kalau terakhir saya tanya, harganya sekitar Rp 8.000/m2, Jadi untuk luas 80 m2, maka harganya jadi Rp 640.000

    • lathif on 3 Maret 2017 at 3:11 pm

    Reply

    selamat siang mas,,
    mau tanya tentang budidaya ikan lele menggunkan kolam fiber, itu baik apa tidak ya…
    terus misalnya saya ingin budidaya ikan lele dengan jumlah 4000 ekor, itu luas dan tingginya harus berapa harus berapa?

      • Remi on 5 Maret 2017 at 5:59 pm
      • Author

      Reply

      Saya kenal seorang pembudidaya lele, yang menggunakan fiber, saya tidak pernah mendengar kalau dia sampai mengeluh soal kolamnya, jadi saya pikir kalau fiber itu sama baiknya seperti kolam yang lain. Tapi kalau saya pribadi memang belum pernah mencobanya sendiri.

      Kalau di tempat saya untuk jumlah 4.000 ekor bibit lele, idealnya perlu kolam dengan ukuran 3x3m, tetapi biasanya ada di rumah para peternak berani dengan kolam 2x3m. Untuk ketinggian airnya biasanya rata-rata 80 cm

        • Lathif on 23 Maret 2017 at 10:07 am

        Reply

        ok mas terima kasih

    • azusya on 19 Maret 2017 at 9:42 am

    Reply

    mas remi, maaf saya mau tanya, saya mau budidaya lele untuk pertama kali dg kolam sistem bioflok. saya mash blum tahu untuk beli terpalnya? saya punya tempat 6×6 . bagaimna ya mas baiknya untuk membuat kolamnya? dan berpa mas kira2 harga terpal dan kerangka besinya? mohon pencerahnya mas remi…

      • Remi on 20 Maret 2017 at 8:30 pm
      • Author

      Reply

      Mas karena jawaban saya agak panjang, maka jawabannya saya tulis dalam artikel https://ternakpedia.com/1225/pemilihan-kolam-dan-cara-pembuatannya/. Semoga bisa membatu

    • Apin on 20 Maret 2017 at 9:47 am

    Reply

    Mas saya mau tanya, setahu saya padat tebar lele 100-120 per meternya. dan saya coba dengan bibit lele sangkuriang dengan padat tebar tersebut. alhamdulillah blm ada yg mati mas. nah klo padat tebarnya saya tambah apa bisa pengaruh ke pertumbuhan & tingkat kematian ikannya mas?
    salam knal saya dari malang juga mas

      • Remi on 20 Maret 2017 at 8:13 pm
      • Author

      Reply

      Kalau efeknya pasti ada, biasanya kalau semakin padat populasi lele di dalam kolam, maka kecepatan pertumbuhan dari ikan akan semakin menurun, dan biasanya pertumbuhan ikan menjadi tidak seragam, sehingga ada ikan yang besar dan ada yang kecil.
      Lalu karena pertumbuhan ikan menjadi tidak seragam, maka jumlah ikan yang menjadi kanibal menjadi semakin banyak. Selain itu jika jumlah ikan semakin banyak maka air kolam akan lebih cepat menjadi kotor dan berbau.

  4. Reply

    Saya ada lahan 4×2 meter mas.. kira kira idelnya diisi berapa ekor ya? Saya baru mau mulai ini mas

      • Remi on 27 Maret 2017 at 8:26 pm
      • Author

      Reply

      Jika lahan tersebut akan dijadikan sebagai kolam seluruhnya, maka untuk tahap awal bisa mulai dari 500 ekor dulu, karena mengingat resikonya yang cukup besar.
      Baru nanti setelah mas sudah mulai pandai, maka jumlah bibitnya bisa ditambah sampai titik maksimal menurut masnya

    • Winda on 21 Mei 2017 at 2:31 pm

    Reply

    kalau kolam ikan dengan ukuran 17x5x1 m membutuhkan terpal dengan ukuran berapa ya? dan harganya berapa? terimakasih.. mohon pencerahannya..

      • Remi on 21 Mei 2017 at 7:25 pm
      • Author

      Reply

      Kalau ukuran pasnya butuh terpal ukuran 19 x 7 m, tetapi biasanya meskipun memesan secara khusus tetap saja harus dilebihkan sedikit karena saat sampai biasanya ukurannya akan kurang dari yang kita pesan.

    • Karim on 1 Juni 2017 at 6:02 am

    Reply

    Tolong kasih saran mas,saya mau buat kolam ikan lele, sudah coba cek terpal ke beberapa toko bangunan, saya bilang ke penjaganya beli terpal untuk kolam mas, dia bilang gk tahu yang mana saya, lalu saya di kasi terpal yang ukurannya 6×9 cm seharga 290000, lalu saya tanya ke penjaga ketebalan tipe apa ini mas, dia bilang gk tau juga, mohon kasih saran mas yang mana ketebalan standar untuk terpal kolam lele, Terima kasih

      • Remi on 2 Juni 2017 at 7:08 pm
      • Author

      Reply

      Kalau 6×9 cm harganya 290 rb, itu mahal banget menurut saya. Padahal di rumah saya paling mahal itu masih 32rb/m, itu sudah yang paling tebal di toko itu.
      Kalau bisa nyari terpalnya di toko khusus jual terpal, karena klo di toko bangunan mereka jual terpal hanya sebagai pelengkap saja, biasanya dijadikan sebagai tutup material, jadi biasanya kalau dibuat kolam, terpalnya cepat bocor dan pecah-pecah.
      Kalau di toko khusus terpal biasanya banyak ukuran dan ketebalannya, bahkan kita bisa pesan secara custom untuk ukuran dan ketebalannya.
      Kalau di tempat saya ada salah satu toko yang menjadi tempat display dari sebuah pabrik terpal, jadi kalau pesan banyak bisa langsung hubungan ke pabriknya langsung.

    • Suhandi on 17 Juni 2017 at 11:08 am

    Reply

    Mas ini terpal khusus untuk kolam gak mas…misal NY kolam lele gt

      • Remi on 17 Juni 2017 at 1:54 pm
      • Author

      Reply

      Kalau harga yang saya tuliskan ini sebenarnya adalah harga terpal secara globalnya saja, dari semua merk dan harga, dan memang sebagian adalah produk untuk terpal truk.

      Tetapi sebenarnya kalau di toko yang khusus jual terpal, di sana juga di sediakan terpal khusus kolam

  5. Reply

    mas ukuran 8 x 12 orange paling tipis berapa ?

      • Remi on 10 September 2017 at 10:30 am
      • Author

      Reply

      Maaf mas sebenarnya saya sudah agak lama ngak ke tokonya, jadi kurang update barangnya. Tetapi terakhir waktu saya ke sana, kalau terpal yang sebesar itu setidaknya yang paling tipis sekitar A3 atau A5. Kalau A2 mereka sedang kosong.

      Tetapi selama ini saat saya menggunakan terpal, bahwa warna dari terpal tidak terlalu berpengaruh pada kekuatan dan kualitasnya, tetapi ketebalan, jenis terpal, dan merk itu yang lebih menentukan keawetan dan kualitas terpal.

      • Remi on 12 September 2017 at 6:21 pm
      • Author

      Reply

      Kalau di daftar jualannya terakhir saya lihat ada yang A2, tetapi kata yang jaga toko bahwa barang yang ready hanya yang A3 keatas

  6. Reply

    Mas saya mau beli plastik terpal 5m x 7m sebanyak 2 buah; dikirim ke Sangatta Kutim, berapa yaa Mas total biayanya, trims. wslm Wariadi

      • Remi on 21 September 2017 at 7:47 am
      • Author

      Reply

      Tergantung ketebalannya juga sih mas. Karena terpal yang lebih tebal pastinya akan lebih mahal, dan jenis terpal untuk kolam akan lebih mahal dari pada terpal untuk bak truk.

      Cuma karena posisi saya ada di Malang, maka bisa-bisa ongkos kirimnya akan lebih mahal dari pada harga terpalnya. Karena itu biasanya saya akan menyarankan untuk mencari terpal di daerah sekitar rumah masnya dulu, karena pasti harganya akan lebih murah. Ya, karena faktor ongkos kirim tersebut.

  7. Reply

    Mas kalau saya beli plastik terpal kualitas baik, ukuran 5 x 7 sebanyak 2 buah dikirim ke Sangatta Kutai Timu Kaltim plus ongkos kirim berapa totalnya Mass…? trims

      • Remi on 21 September 2017 at 7:53 am
      • Author

      Reply

      Jika saya lihat bahwa harga terpal yang ada sekarang di toko harganya telah terjadi kenaikan sekitar Rp 500 / meternya. Jadi, jika ukuran terpal yang mas pilih adalah 5 x 7, maka selisih harga dari yang saya tampilkan adalah Rp 3.500. Untuk semua merk dan ketebalan

    • syafiil on 25 Oktober 2017 at 2:43 pm

    Reply

    Boleh tau alamat lgkp toko yg jualan terpal khusus kolam buat ikan… mksh dan klu untuk pemula sebaiknya berpa bibit lele ya dan ukurannya…

      • Remi on 26 Oktober 2017 at 3:52 am
      • Author

      Reply

      Kalau masih pemula, sebaiknya memang jangan terlalu banyak dulu mengambil bibitnya, karena biasanya saat baru belajar jumlah ikan yang mati bisa sangat banyak, kadang bisa sampai 90-100%.

      Lalu setelah sudah merasa bisa, baru ditambah lagi jumlah ikan sampai batas maksimalnya. Selain itu sebaiknya jangan mengambil bibit yang terlalu kecil, karena kalau terlau kecil, akan sangat berisiko untuk mati. Mungkin lele ukuran 5-6 cm sudah cukup kuat.

      Tetapi kalau bisa mendapatkan bibit yang ukuran 9-10 cm maka itu akan lebih baik.

    • dimas on 1 November 2017 at 11:47 am

    Reply

    Gan, klo terpal gamavile atau sejenisnya. Mw dipakai untuk kanopi lapangan futsal. Harga brp per meter?

      • Remi on 3 November 2017 at 3:35 am
      • Author

      Reply

      Kalau gamaville sepertinya saya belum pernah dengar, tapi kalau terpal ulin sepertinya ada beberapa jenis. Harganya sekitar Rp 18 rb / m. Tapi untuk yang lebih bagus ada juga yang harga Rp 25 rb / m.

        • dimas on 4 November 2017 at 12:22 pm

        Reply

        Klo misal dikasih UNO, gmn gan? (Anti UV/panas, anti Air, dan jamur)-kah? Dan brp gsm UNO-nya?

        Maaf banyak tanya. 😁😄

          • Remi on 5 November 2017 at 4:58 am
          • Author

          Mohon maaf sebelumnya, karena untuk penggunaan terpalnya, saya memakai untuk kolam ikan saja, dan tidak pernah memakainya sebagai atap, jadi saya tidak bisa memberikan saran. Tentang kualitas terpal yang mas tanyakan tersebut, saya juga tidak pernah pakai sebelumnya.

  8. Reply

    Mas remy kab malang nya daerah mn? Msh budidaya lele?

    • Abdul Azis on 30 Mei 2018 at 10:58 pm

    Reply

    Salam, mas kalau kolam terpal bulat, ukuran diameter kolam 1,5 meter dan tinggi kolam 1,5 meter, perlu terpal ukuran berapa ? Dan harga nya berapa ? Terima kasih sebelumnya

      • Remi on 31 Mei 2018 at 4:48 am
      • Author

      Reply

      Kalau kolam bulat biasanya dasarnya memang harus dibentuk bulat terlebih dahulu. Dan kebutuhannya sekitar 3 meter.
      Tetapi jika menggunakan terpal persegi secara langsung, maka terpal yang dibutuhkan juga sama, yaitu sekitar 3 meter, hanya biasanya jika kita pesan atau membeli terpal, maka ukurannya selalu lebih kecil dari pada yang kita inginkan, maka sebaiknya pesan yang ukurannya lebih besar saja.
      Jika anda memasang terpal persegi untuk kerangka kolam berbentuk lingkaran, maka akan terbentuk banyak lipatan, hanya saja pastinya terpal seperti ini akan lebih tahan bocor. Karena pada bagian bawahnya tidak ada sambungannya

Tinggalkan Balasan