Beberapa Tips untuk Membuat Hidup menjadi Lebih Mudah

Beberapa waktu yang lalu saya melihat postingan dari salah seorang teman, tentang bagaimana cara membuat pekerjaan sehari-hari kita bisa menjadi lebih mudah. Berikut adalah tips yang berasal dari potingan teman saya tersebut:

  1. Agar telur rebus mudah dikupas: celupkan telur rebus yang baru saja diangkat dan yang masih panas ke dalam air es. Karena perbedaan suhu yang ekstrem, maka kulit telur menjadi retak dan mudah dikupas.
  2. Agar cabai tidak meletup ketika digoreng: anda bisa melukai sedikit cabai yang akan anda goreng tersebut, bisa dengan menggunakan pisau ataupun menusuknya dengan tusuk gigi. Tujuannya agar udara yang terperangkap di dalam cabai bisa keluar.
  3. Menghilangkan hewan yang hidup di dalam sayuran air: sering kali kita menemukan ulat, lintah, ataupun hewan lain saat akan memasak, atau memakan sayuran air, seperti kangkung, selada, genjer, atau jenis sayuran lain.

Anda dapat menaburkan garam ke dalam sayuran tadi, setelah sayuran tadi dicuci pertama. Setelah itu diamkan beberapa saat, tujuannya agar hewan yang hidup di batang dan daun tanaman tadi mati dulu.

Biasanya hewan yang suka hidup pada tanaman air misalnya seperti lintah, keong, ulat dan cacing air. Selain itu ada jenis sayuran darat yang sering ditemukan ulat misalnya adalah Brokoli, jadi jangan lupa direndam dengan garam dulu.

  1. Membuat tahu menjadi lebih awet ketika disimpan: pertama cuci bersih tahu yang baru saja anda beli dengan menggunakan air biasa, kemudian siram kembali tahu tersebut dengan menggunakan air panas, jika sudah. lalu lap tahu tersebut dengan menggunakna tissue dapur. Simpan tahu tersebut dalam wadah yang bisa tertutup rapat, misalnya seperti wadah dari produk tupperware, dan tinggal diletakkan di dalam kulkas saja. Biasanya dengan cara ini, maka tahu bisa awet sampai satu minggu.
  2. Cara mengetahui telur sudah busuk atau belum: jadi, caranya anda tinggal memasukkan saja telur tersebut ke dalam air, telur yang sudah busuk dia akan mengapung di atas permukaan air.
  3. Untuk membuat adonan kue dapat mengembang sempurna, maka anda harus memastikan bahwa telur yang anda gunakan tersebut memiliki suhu ruangan, karena telur yang dingin, atau yang baru saja keluar dari kulkas, maka akan membuat adonan kue tidak mengembang sempurna. Suhu telur dapat mempengaruhi hasil akhir kue yang anda hasilkan.
  4. Agar sayuran anda di dalam kulkas tidak mudah busuk: maka, jangan membungkusnya dengan menggunakan katong kresek, atau bahan lain yang kedap air. Tetapi anda harus menyimpannya dengan menggunakan kertas koran, majalah, atau kertas bekas lain. Karena yang mempercepat pemusukan sayuran adalah kandungan air sayuran yang terperangkap di dalam kresek yang tidak bisa keluar.
  5. Untuk menghilangkan bau tidak sedap yang ada di dalam kulkas, anda dapat mencoba untuk memotong kentang dan meletakkannya di dalam rak kulkas, hal ini karena kentang memiliki kemampuan untuk menghilangkan bau tidak sedap di dalam kulkas.
  6. Agar ikan tidak lengket saat digoreng: maka anda harus menggunakan penggorengan/wajan yang khusus digunakan untuk menggoreng, biasanya wajan yang pernah digunakan untuk menumis, maka saat digunakan untuk menggoreng ikan akan lengket dan rusak saat dibalik. Atau anda bisa juga mengolesi penggorengan yang akan anda gunakan menggoreng tersebut dengan menggunakan garam, baru setelah itu anda bisa menuangkan minyaknya.
  7. Untuk menghilangkan sensasi panas di tangan akibat terlalu lama kontak langsung dengan cabai, istilah Jawanya kewedangen/wedhangen. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencuci bersih tangan anda dengan menggunakan sabun sebanyak dua sampai tiga kali, setelah itu lap tangan anda, yang terakhir masukkan tangan anda ke dalam beras, benamkan dan remas-remas berasnya, biasanya cara ini berhasil menghilangkan sensasi panas tersebut.
  8. Agar mata tidak pedih/perih ketika kita mengiris bawang merah: anda bisa mencoba dengan meletakkan wadah berisi garam di dekat posisi kita mengiris bawang merah tersebut, cara ini cukup ampuh.
  9. Agar beras tidak didatangi kutu beras, anda dapat meletakkan wadah plastik yang berisi kopi bubuk ke dalam beras, lubangi wadah tersebut agar aroma kopi dapat menyebar ke dalam beras. Hal ini karena kutu beras tidak suka dengan aroma kopi.
  10. Menghilangkan noda pada peralatan masak seperti noda kunyit/kunir, atau noda kekuningan akibat panci sering digunakan untuk merebus air. Anda bias mengambil satu sendok baking soda kemudian tambahkan sedikit air, lalu gosok-gosokkan ke peralatan masak yang ternoda tadi, setelah itu tinggal di bilas, dan jika nodanya masih ada, maka ulangi cara ini sekali lagi.
  11. Agar daun pepaya dan sayur pare tidak terlalu pahit: maka anda bisa merebus sayur pahit tersebut dengan menggunakan air hasil rebusan daun jambu biji. Caranya rebus air hingga mendidih, kemudian ambil beberapa lembar daun jambu biji, tunggu sekitar 5 menit baru masukkan sayur pahit tersebut ke dalam air rebusan tadi. Setelah tingkat kematangan sayur sesuai selera anda, maka sayur bisa diangkat dan ditiriskan.
  12. Agar tempe tidak mudah busuk, yaitu anda jangan menyimpan tempe di dekat garam.
  13. Untuk anda yang sering menyimpan daging di dalam frezer, maka jangan mengeluar-masukkan daging dari dalam frezer berulang kali. Karena hal ini akan membuat bakteri menjadi berkembang biak di dalam daging. Sebaiknya daging segar yang baru saja di beli dipotong-potong dulu sesuai kebutuhan anda dalam sekali masak, kemudian simpan daging dalam wadah plastik kecil-kecil. Jadi, pada saat akan memasak, anda tinggal mengambil salah satu daging dalam wadah tersebut.

Tinggalkan Balasan