Memasukkan Ikan Garra Rufa ke dalam Kolam Koi

Saya pernah mendengar ada pertanyaan yang cukup menarik, kira-kira pertanyaannya seperti ini. Apakah aman jika saya memasukkan ikan garra rufa ke dalam kolam ikan koi? Bagi anda yang belum tahu apa itu ikan garra rufa. Garra rufa adalah jenis ikan yang biasanya digunakan sebagai terapi ikan, cara kerja ikan ini yaitu akan memakan sel kulit mati dari tubuh kita.

Yang menjadi keresahan penghobi tadi, yaitu apakah nantinya ikan garra rufa yang dimasukkan ke dalam kolam koi tidak akan mengganggu pertumbuhan dari ikan koi itu sendiri, takutnya jika garra rufanya menjadi agresif takutnya malah nanti akan memakan tubuh ikan koinya.

Ternyata jawaban dari beberapa orang penghobi ikan koi yang mendengar pertanyaan ini, mereka mengatakan bahwa  mereka sudah mencoba memasukkan ikan garra rufa di dalam kolam koi milik mereka. Ternyata menurut mereka setelah beberapa waktu lamanya ikan garra rufa dimasukkan ke dalam kolam, ternyata hasilnya cukup positif.

Beberapa hal yang mereka temukan, misalnya saja kenyataan bahwa ikan garra rufa ini cukup takut jika berhadapan dengan ikan koi, sehingga lebih sering mereka lari jika ikan koinya mendekat. Lalu ikan garra rufa juga senang memakan lumut yang ada di dinding kolam, jadi karena kehadiran ikan garra rufa, maka kolam mereka nampak lebih bersih dari lumut.

Ternyata meskipun takut terhadap ikan koi, tetapi ikan garra rufa yang ada di dalam kolam koi tersebut, masih bisa berkembang biak dan bertambah banyak, jadi mereka mengatakan tidak masalah jika anda memasukkan ikan garra rufa kedalam kolam ikan koi.

Mereka juga mengatakan bahwa mereka sering menikmati keindahan ikan koi, sambil diterapi oleh ikan garra rufa, jadi ada beberapa keuntungan yang mereka dapatkan.

Mungkin anda sekalian bisa mencoba cara ini. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan