Waktu yang Tepat untuk Memandikan Kambing

Biasanya memandikan kambing ini sangat berkaitan erat dengan kebiasaan dari si pemiliknya, karena itu bagi sebagian besar peternak, kebiasaan memandikan kambing ini bisa berbeda antara yang satu dengan yang lain.

Pada artikel ini saya ingin bercerita tentang kebiasaan memandikan kambing dari salah seorang kenalan peternak kambing. Jadi untuk dia, waktu yang paling tepat untuk memandikan kambing miliknya, yaitu pada saat kondisi kambing memang sudah kotor, kalaupun tidak kotor tetapi jika kambing tersebut sudah mulai menggaruk-garuk dan merasa gatal, maka itu juga merupakan saat yang tepat untuk memandikan kambing.

Selain itu pada saat memandikan kambing, harus dilihat juga kondisi cuaca, apakah sedang mendung ataukah matahari sedang bersinar cerah. Hal ini penting, karena setelah dimandikan, maka kambing perlu dijemur, dengan tujuan agar air yang masih menempel pada tubuh kambing bisa kering sempurna.

Jika kondisi kambing masih basah, lalu dimasukkan kembali ke kandang, maka hal ini akan membuat kambing menjadi kotor lagi karena kondisi bulunya masih basah. Selain itu kondisi bulu kambing yang masih belum kering sempurna juga bisa membuat kambing rentan terkena penyakit kembung. Dan anda tahu sendiri bagaimana nasib kambing jika sudah mengalami kembung.

Mungkin hal lain yang perlu anda perhatikan saat memandikan kambing, yaitu setelah membersihkan kambing, maka sebaiknya anda juga membersihkan kandangnya. Jadi, pada saat kambing dijemur di luar, anda bisa membersihkan kandangnya, sehingga saat kambing dimasukkan kembali, kedua-duanya sudah bersih.

Tidak ada masalah apakah anda membersihkan bulu kambing dengan menggunakan sabun ataupun shampo, karena yang dinilai dari kambing bukanlah bulunya, melaikan bobot tubuhnya. Jadi, di sini yang penting adalah tingkat kebersihannya.

Tinggalkan Balasan