Kura-kura menjadi Malas Bergerak seperti Mati

Beberapa waktu terakhir ini, saya dan seorang teman sedang mencoba untuk memelihara kura-kura, karena memang memiliki hewan peliharaan yang sama, maka kami bisa saling bertukar cerita tentang kondisi hewan peliharaan kami masing-masing.

Untuk waktu memulai membeli kura-kura tersebut, memang tidak terlalu jauh waktunya, dan membelinya juga di pedagang yang sama. Untuk kura-kura yang kami pelihara adalah dari jenis Brazil, dengan ukuran karapas 4 cm.

Hanya saja setelah satu bulan memelihara kura-kura, ternyata kura-kura milik teman saya mengalami masalah yang cukup serius yaitu bahwa kura-kura miliknya sudah sangat malas bergerak, bahkan teman saya mengatakan jika salah satu kura-kura miliknya sepertinya sudah mati.

Sebelumnya saya agak kaget mendengar hal ini, karena memang kura-kura adalah hewan yang terkenal memiliki umur yang sangat panjang, dan selain itu bahwa kura-kura yang saya miliki kondisinya juga masih baik-baik saja, bahkan pergerakan dan nafsu makannya juga masih sangat baik.

Teman saya mengatakan bahwa dia merawat kura-kura miliknya dengan sangat baik dan teratur, bahkan soal pergantian air juga dilakukan dengan rutin. Tetapi yang terjadi malah kondisi dari kura-kuranya semakin memburuk. Dan akhirnya dia mengatakan bahwa kasihan jika melihat kura-kuranya berada dalam kondisi seperti itu terlalu lama, maka dari itu dia memutuskan untuk melepaskannya saja, ke sungai dekat rumahnya.

Setelah itu karena saya ingin tahu apa kondisi yang membuat sampai kura-kura milik teman saya tersebut sampai mengalami masalah tersebut, maka saya mulai mencoba memberikan perlakuan kepada kura-kura milik saya seperti yang diberikan teman saya kepada kura-kura miliknya.

Dan ternyata setelah mencobanya selama beberapa hari, maka saya mendapatkan kesimpulan. Nampaknya teman saya ini terlalu baik dalam memberikan pakan, artinya dia memberikan jumlah makanan kepada kura-kura miliknya dalam jumlah yang lebih banyak dari pada yang seharusnya atau dalam jumlah yang lebih banyak dari pada yang kura-kura dapat cerna.

Saya melihat bahwa kura-kura jenis Brazil milik kami ini, ternyata memiliki banyak kesamaan dengan jenis ikan lele, intinya bahwa mereka sama-sama memiliki nafsu makan yang sangat tinggi terhadap jenis pakan yang mereka sukai, sehingga mereka akan berusaha untuk sebisa mungkin menghabiskan semua makanan yang diberikan.

Tetapi sebenarnya ikan lele dan juga kura-kura adalah jenis hewan yang lebih sanggup untuk menahan lapar dari pada harus menahan rasa kenyang.

Hanya saja karena teman saya mengatakan bahwa dia memberikan makan secara rutin, maka saya menduganya bahwa jumlah pakan yang diberikan cukup banyak, sehingga kura-kura tersebut kekenyangan, yang jadi masalah yaitu jika kondisi ini terus berlangsung selama berhari-hari, maka bukan tidak mungkin kura-kura akan mengalami masalah yang serius.

Bahkan, jika itu adalah ikan lele, maka ikan tersebut akan langsung mati, tetapi jika itu adalah kura-kura maka kondisinya bisa sedikit berbeda, yaitu terletak pada waktu kematiannya yang tidak secepat ikan lele.

Dan memang setelah saya mencoba untuk memberikan pakan yang cukup banyak, ternyata memang kura-kura tersebut mengalami masalah yang sama seperti milik teman saya itu. Hanya setelah saya mengetahui permasalahnnya, saya mencoba untuk mengontrol jumlah makanannya kembali, agar bisa pulih seperti sedia kala.

Saya juga pernah mendengar bahwa ada teman lain yang memelihara kura-kura, dia hanya memberikan pakan setidaknya setiap tiga hari sekali, dan kura-kura miliknya juga baik-baik saja kondisinya. Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa kura-kura adalah jenis hewan yang lebih tahan lapar dari pada tahan kenyang. Karena itu harus berhati-hati dalam memberikan pakan.

Tinggalkan Balasan