Perkenalan dengan Kutu Air Merah

Kemarin saya berkunjung ke rumah kakak, dan ternyata kakak saya itu sudah memiliki peliharaan baru, dan yang beliau pilih kali ini adalah kutu air. Kutu air yang saya maksudkan di sini adalah sejenis hewan air, dan hewan ini memiliki ukuran tubuh yang kecil.

Beliau mendapatkan kutu air ini, adalah hasil pemberian kenalannya, jadi beliau ingin mencoba untuk beternak kutu air sebagai pakan ikan hias miliknya. Sebetulnya yang memberikan bibit microworm yang saya gunakan untuk starter di rumah adalah kakak saya ini.

Karena ukuran tubuh dari kutu air ini yang sangat kecil, maka hewan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai pakan bibit ikan. Yang pastinya kutu air ini juga memiliki kandungan gizi yang baik, sebagaimana lazimnya pakan alami yang berasal dari hewani lainnya, sehingga bibit ikan yang mengkonsumsi kutu air ini dapat tumbuh dengan cepat dan sehat.

Sebenarnya tidak hanya bibit ikan saja yang baik jika diberi kutu air ini, tetapi ikan hias yang berukuran lebih besarpun juga bisa tumbuh dengan baik jika diberi pakan kutu air ini. Bahkan warna tubuhnyapun juga akan jadi lebih menarik.

Untuk jenis dari kutu air yang sedang dipelihara ini, kakak saya mengatakan bahwa, ini adalah kutu air merah, dan dia juga mengatakan bahwa ada juga kutu air hitam. Sebenarnya saya baru mengenal hewan kutu air ini baru kemarin, jadi saat dijelaskan tentang kutu air ini, saya hanya mengangguk-angguk saja.

Tetapi dalam beberapa hari ke depan saya ingin mencoba untuk meminta kutu tersebut, sebagai starter di rumah. Karena kelihatannya saya lebih menyukai untuk beternak pakan ikan dari pada beternak ikan itu sendiri. Lagi pula menurut pendapat saya bahwa dengan jumlah pakan ikan yang melimpah, maka akan sangat mudah untuk mengembangbiakkan ikan jenis apapun nantinya.

Saya masih agak ragu dengan harga dari kutu air ini, karena saya mendengar bahwa ada yang menjual kutu air ini seharga Rp 1/ekor. Jika memang benar harganya segitu, maka budidaya kutu air ini bisa cukup menjanjikan, karena harga segitu cukup mahal untuk saya. Memang dalam membeli kutu air ini ada minimal pembelian, tapi saya rasa hal itu cukup wajar saja untuk penjualan pakan ikan.

Lagi pula jika mendengar bahwa proses perawatannya cukup mudah dan tidak memerlukan banyak tempat, waktu dan perhatian dalam merawatnya, saya rasa untuk harga yang saat ini ditawarkan tersebut, cukup baik. Ditambah lagi, sekarang saya sudah memiliki microworm, cacing sutra, dan cacing tanah, jadi untuk kedepannya saya bakal memiliki banyak sumber makanan alami untuk ikan.

Tinggalkan Balasan