Kematian Ikan yang Diberi Makan Telur katak

Beberapa hari yang lalu salah seorang teman saya menjumpai telur katak pada kolam kosong miliknya, lalu karena merasa sayang, jika harus membuang telur-telur itu, dan berfikir untuk memberikan telur tersebut sebagai pakan ikan miliknya, maka kemudian teman saya ini, memindahkan telur-telur katak tersebut, pada kolam yang lain, yaitu kolam yang berisi ikan.

Ternyata tindakan memberikan telur katak ini menjadi makanan ikan adalah tindakan yang salah, akibat dari pemberian telur katak pada ikannya, ternyata membuat ikan-ikan yang mengkonsumsi telur katak tersebut menjadi mati semua. Meskipun akhirnya tindakan ini disesali olehnya, tetapi bagaimanapun juga ini sudah terjadi, sehingga yang bisa dilakukan adalah memperbaikinya saja.

Tindakan yang dapat dilakukan oleh teman saya ini, agar kematian ikan yang ada di dalam kolam tersebut tidak berlanjut, maka teman saya ini akhirnya membuang telur katak yang masih tersisa, dan sebagai langkah pencegahan tambahan, akhirnya air pada kolam tersebut dikuras dan dibersihkan, karena ikan yang mati tersebut telah mengeluarkan bau yang kurang sedap juga, dan sebagai langkah pencegahan agar bangkai ikan yang mati tidak menyebabkan penyakit pada ikan yang masih sehat.

Kalau sekarang teman saya ini sudah kapok, dan tidak ingin menggunakan telur katak sebagai pakan ikan lagi. Bahkan dia juga sudah memasang jaring pada kolam miliknya, agar tidak dimasukki oleh katak yang ingin bertelur.

Mungkin ada pembaca yang sudah melihat artikel saya yang terdahulu tentang katak, kecebong dan telur katak. Sebenarnya saya pribadi sudah kapok dan sangat waspada jika sudah ada suara katak atau jika sudah melihat katak yang ada di sekitar kolam budidaya. Untuk saya pribadi, serangan katak ini sudah tidak bisa dianggap remeh lagi, bahkan harus mendapat perhatian serius, karena dampak serangan ini akibatnya sudah tidak main-main lagi.

Sebagai tambahan lagi bahwa meskipun telur katak itu sudah dimasak/direbus dengan menggunakan air panas, tetapi ternyata telur itu masih dapat membunuh ikan yang memakannya. Jadi, sebaiknya jangan ragu lagi untuk membuang telur katak yang ada di dalam kolam kita. Apalagi jika sampai timbul perasaan sayang untuk membuangnya, karena jika sampai kita terlambat, maka akibat yang dapat ditimbulkannya bisa menjadi sangat parah sekali.

Tinggalkan Balasan